Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-01-2020
  • 658 Kali

Kepala Perpusda Sumenep Beri Motivasi Literasi Siswa SDN Pajagalan 2

Media Center, Senin ( 13/01 ) Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Sumenep, H. Achmad Masuni, SE, M.Si, mengajak siswa-siswi SDN Pajagalan 1 untuk membangun karakter sejak dini, yakni dengan meneladani sifat dari Rasulullah SAW, yakni shiddiq, amanah dan tabligh serta berakhlakul karimah.

Hal tersebut disampaikan mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kabupaten Sumenep saat menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN Pajagalan 2, Senin (13/01/2019).

"Membangun karakter anak melalui sifat Rasulullah SAW sangat penting ditanamkan sejak dini agar nantinya menjadi orang yang memiliki karakter baik dan menjadi pemimpin yang baik pula," ungkapnya.

Dijelaskan, sifat shiddiq misalnya, anak senantiasa jujur sebagai modal utama untuk sukses. Pendidikan anti korupsi penting diberikan sejak dini dengan tidak boleh berbohong. Selanjutnya amanah atau dapat dipercaya. Sehingga kalau dipercaya harus amanah dan tidak boleh melanggar amanah yang diberikan atau khianat.

Kemudian sifat tabligh atau menyampaikan. Jadi tidak ada yang disembunyikan dan semua disampaikan apa adanya. Terakhir tidak kalah pentingnya yaitu seorang anak senantiasa harus berakhlakul karimah. Sebab di zaman sekarang situasi sudah berbeda semua serba instan, sehingga harus selalu hati-hati.

"Rajinlah belajar agar pintar dan cerdas, serta membiasakan bangun di sepertiga malam, Sholat Tahajud, berdoa dan belajar. Insya Allah kalian semua akan menjadi orang yang sukses," tandasnya.

Terakhir Masuni mengajak anak-anak belajar dan membaca buku-buku di Perpustakaan. Seperti halnya pada hari Minggu saat ke Taman Bunga untuk membaca buku di Perpustakaan keliling.

Sementara Kepala SDN Pajagalan 2, Nurut Taufik, S.Pd, MM, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perpusda Kabupaten Sumenep yang telah mendukung kegiatan di sekolahnya khususnya berkaitan dengan literasi. Bahkan, sempat berkeinginan untuk membentuk komunitas literasi dengan merekrut berbagai elemen khususnya dari lembaga pendidikan. ( Ren, Fer )