Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-04-2018
  • 361 Kali

Ketua Forikan Sumenep Sosialisasi Gemarikan

Media Center, Rabu ( 25/04 ) Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Nurfitriana Busyro Karim menggelar sosialisasi Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Manding, Rabu (25/04).

Nurfitriana, yang juga isteri Bupati Sumenep ini mengajak masyarakat Sumenep untuk gemar makan ikan. Karena menurutnya, salah satu penopang tubuh sehat adalah dengan mengkonsumsi ikan.

"Ini adalah gerakan nasional, supaya masyarakat banyak mengkonsumsi ikan," katanya, Rabu (25/04).

Nurfitriana juga mengaku, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap konsumsi ikan.

"Saat ini target kita adalah anak kecil yang masih dibawah umur. Jadi kami ajari bagaimana mereka gemar makan ikan," terangnya.

Kabupaten Sumenep, lanjut Nurfitriana, gemar makan ikannya tertinggi di Jawa Timur. "Rata-rata Kabupaten lain di Jawa Timur itu 31 kilogram per kapita per tahun, sementara Kabupaten Sumenep tingkat konsumsi ikannya mencapai 53 kilogram," tuturnya.

Ia berharap, Kabupaten Sumenep terus meningkat konsumsi ikannya hingga mencapai standart nasional yaitu 100 kilogram.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir. Arif Rusydi, M.Si mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan.

"Sampai saat ini kami sudah melaksanakan kegiatan ini di empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Batuan, Ganding, Lenteng dan Kecamatan Manding," katanya.

Pihaknya mengaku, memilih kecamatan-kecamatan yang jauh dari pantai merupakan target memperkenalkan bahwa makan ikan bisa membuat tubuh cerdas dan kuat.

"Kalau yang di daerah pantai itu kan sudah biasa makan ikan, jadi kami sosialisasikan Gemarikan ini ke kecamatan-kecamatan yang jauh dari pantai. Artinya agar mereka sadar bahwa ikan itu bikin tubuh sehat, cerdas dan kuat," terangnya.

Pihaknya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut masyarakat Sumenep akan lebih gemar lagi dalam mengkonsumsi ikan.

"Jadi intinya kami melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi ikan. Atau biasa kita sebut Gemarikan," tukasnya. ( Nita, Fer )