Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-08-2017
  • 446 Kali

Kobaran Api Hanguskan Satu Hektar Pohon Cemara Udang

Media Center, Selasa ( 22/08 ) Ratusan pohon cemara udang yang berada di lahan seluas satu hektar di Desa Dapenda, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hangus terbakar.

"Kebakaran itu terjadi kemarin (21/08). Ada sekitar satu hektar pohon cemara udang yang dilalap api, milik 3 warga,"kata Mashudi, Selasa (22/08). Ia menuturkan, tidak ada yang tahu penyebab timbulnya api di lahan pohon cemara udang itu.

"Tiba-tiba api sudah membubung tinggi. Warga yang melihat kebakaran langsung berbondong-bondong untuk melakukan pemadaman. Namun karena keterbatasan alat, warga tidak sempat menyelamatkan secara keseluruhan pohon cemara udang tersebut,"paparnya.

Diduga kebakaran dipicu dari puntung rokok yang dibuang hegitu saja di lahan pohon cemara udang.

"Sekarang kan musim kemarau. Banyak ranting yang kering. Nah, ketika ada api sedikit saja, bisa memicu terjadinya kebakaran,"tukasnya.

Akibat dari kejadian itu, pohon cemara udang milik 3 warga tersebut harus hangus begitu saja. Sementara taksiran kerugian akan mencapai puluhan juta rupiah.

"Akibat kejadian ini, kerugian ditaksirkan diatas Rp 50 juta,"tukas Mashudi.

Sementara Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi mengaku belum mengetahui kebakaran yang meludeskan satu hektar tanaman pohon cemara udang dan mengakibatkan kerugian tersebut.

"Untuk sementara kami belum mengetahui, tapi kami akan segera koordinasi dengan Polsek setempat,"tukas Suwardi. ( Nita, Esha )