Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-10-2017
  • 267 Kali

Koperasi Harus Libatkan Pemuda Dalam Kepengurusannya

Media Center, Rabu ( 11/10 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap kepengurusan koperasi melibatkan generasi muda, karena selama ini peran pemuda dikepegurusan koperasi masih relatif minim.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, koperasi perlu melibakan pemuda yang mengusai teknologi informasi dalam kepengurusannya, dalam rangka pengembangan lembaga. Selama ini, pihaknya menilai peran pemuda masih rendah, hanya bekisar 5 persen menjadi pengurus koperasi. Karena itu, sudah saatnya lembaga koperasi merekrut pemuda di kepengurusannya.

“Jadi sudah waktunya koperasi ke depan melibatkan pemuda yang ahli teknologi informasi di kepengurusannya, supaya pemuda mau jadi pengurus, karena selama ini pengurus koperasi berusia lanjut,”kata Wakil Bupati pada acara syukuran Hari Koperasi ke 70, tahun 2017 di Pendopo Agung Sumenep, Rabu (11/10).

Wakil Bupati menyatakan, melibatkat pemuda yang mengusai teknologi informasi sangat menunjang perkembangan koperasi, karena pengurus (pemuda) yang mengusai teknologi informasi bisa memanfaatkan digital media.

“Kalau aktivitas koperasi memanfaatkan teknolgi informasi melalui media digital (media sosial), tentunya tidak hanya berkutat di simpan pinjam saja, namun bisa melakukan aktvitas lainnya, semisal perdagangan dan jual beli barang,”kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati mengungkapkan, pihaknya ingin koperasi di Sumenep untuk terus berbenah diri terkait dengan program-programnya dimasa mendatang, karena koperasi merupakan salah satu sarana yang ikut berperan serta dalam perkembangan ekonomi, terutama dalam proses ekonomi mikro, sehingga diharapkan dengan keberadaan koperasi di Sumenep mampu membantu masyarakat yang membutuhkan modal untuk berwira usaha.

“Kami harapkan perlu motivasi kepada pengurus koperasi dengan mengajak meraka berkomunikasi atau beraudensi dengan koperasi luar daerah yang sudah berkembang pesat.

Harapannya, dengan adanya kegiatan itu, akan memicu semangat koperasi di Sumenep untuk terus berkembang melaui kreasi dan inovasi,”pungkasnya. ( Yasik, Esha )