Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-03-2018
  • 265 Kali

KPU Sumenep : APK Pilgub Jatim 2018 Masih Proses Survei Harga

Media Center, Kamis ( 08/03 ) Hingga kini Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih belum tersedia. Karena APK oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, masih proses survei harga.

“APK Pilgub Jatim itu masih proses survei harga, untuk menentukan HPS (Harga Perkiraan Sendiri). Di Sumenep itu berbeda dengan beberapa daerah pada umumnya di Jawa Timur. Pengadaan APK itu harus melalui proses lelang,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Kamis (07/03).

Ia menuturkan, pagu anggaran APK di Kabupaten Sumenep lebih dari Rp. 200 juta, sehingga harus melalui proses lelang.

"Besarnya anggaran APK tersebut karena menyesuaikan dengan jumlah Desa di Kabupaten paling timur Pulau Madura ini yang mencapai 330 Desa dan 4 Kelurahan," paparnya.

Warits mengungkapkan, bahwa proses lelang itu mengacu pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa.

"Sebenarnya anggaran pengadaan APK itu melekat pada KPU Provinsi Jawa Timur. Hanya saja, dalam proses pengadaannya dilimpahkan kepada masing-masing KPU Kabupaten/Kota," ungkapnya.

Pilgub Jatim dijadwalkan tanggal 27 Juni 2018, diikuti oleh dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansah-Emil Dardak. ( Nita, Esha )