Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-01-2018
  • 271 Kali

Kwarcab Gencarkan Gerakan Sejuta Biopori Di Sejumlah Gudep

Media Center, Senin ( 08/01 ) Kegiatan Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumenep, terus dilakukan di sejumlah Gugus Depan (Gudep), dengan melibatkan siswa dalam membuat lubang biopori.

Wakil Ketua Bidang Abdimas Humas, H. Ibnu Farid, S.Pd kepada Media Center, Senin (08/01) mengungkapkan, jika kegiatan gerakan sejuta biopori akan terus dilakukan sesuai dengan komitment, karena ini merupakan program Kwarda Jawa Timur yang harus dilaksanakan di masing-masing Kwarcab se Jawa Timur.

“Sebab, pembuatan lubang biopori ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga lingkungan hidup, agar tetap terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan membuat lubang biopori tentunya berguna untuk mencegah banjir, karena air hujan akan banyak terserap ke tanah melalui lubang tersebut. Disamping itu juga untuk mengolah sampah organik menjadi kompos, menabung air untuk masa depan dan meningkatkan kualitas tanah, serta lingkungan sekitar.

Pria yang juga Ketua Cabang 1327 FKPPI Sumenep ini mengakui, jika Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jatim ini juga merupakan implementasi dari Darma ke 2 Pramuka, yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”, bahwa setiap Pramuka adalah patriot peduli lingkungan.

Karena itu, setiap Gugus Depan Pramuka diajak mengambil peran aktif dalam mewujudkan Gerakan Sejuta Biopori ini.

“Sebelumnya kami juga melaksanakan di Perumahan Satelit, kemudian di SMP Negeri I Sumenep, dan hari ini kembali dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sumenep dan selanjutnya bertahap di sekolah lainnya,” jelas Ibnu Farid.

Lebih lanjut Mantan Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep ini menjelaskan, jika kegiatan Gerakan Sejuta Lubang Biopori di masing-masing Gudep, sedikitnya melibatkan 120 anak Pramuka dengan target minimal 40 lubang biopori. Karena bantuan peralatan lubang biopori dari Kwarda Jatim sebanyak 40 unit, jadi masing-masing unit untuk 3 orang. ( Ren, Esha )