Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-09-2020
  • 692 Kali

Kwarran Gerakan Pramuka Kota Sumenep Sukses Gelar Raker 2020

Media Center, Senin ( 28/09 ) Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kota Sumenep sukses menggelar Rapat Kerja (Raker) Ranting 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Minggu (27/09/2020) kemarin.

Rapat Kerja tersebut diikuti para pengurus Kwarran, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kambigus), Ketua Gudep dan pembina Pramuka di lingkungan ranting Kota Sumenep.

Ketua Kwarran Kota Sumenep, Kak Heru Budi Santoso, M.Pd mengungkapkan, dalam kurikulum 2013, Gerakan Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/Madrasah Aliyah dan SMK. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

"Kegiatan Pramuka dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, nilai kepemimpinan, kebersamaan, sosial, cinta alam dan mandiri," tandasnya.

Dikatakan, nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai muatan kurikulum 2013 dapat bersinergi lebih serasi dan lebih kompak. Gerakan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah, tetapi tidak mengesampingkan atau melalaikan ekstrakurikuler lainnya.

Lebih Lanjut menurut kakak yang juga Sekretaris Pusdiklatcab Aryawiraraja Kwarcab Sumenep ini menekankan, pentingnya dalam konteksi keseharian, gerakan Pramuka menyelenggarakan kegiatan yang didasarkan pada sikap penuh dengan kegembiraan.

Pada kegiatan rapat kerja ranting, yang sehari sebelumnya diawali dengan kegiatan Karang Pamitran ini, para pengurus, pembina, ketua Gudep dan Kamabigus berpadu menyelaraskan pandangan untuk mewujudkan cita-cita luhur kepanduan. Menyusun program kerja Pramuka tingkat Ranting Kota Sumenep untuk diaplikasikan dalam kegiatan kepanduan di tingkat ranting dan sekolah atau pangkalan masing-masing.

"Sesuai dengan tujuan kegiatan yang dilakukan menjadi lebih terarah, sistematis, akuntabel, profesional dan dapat mencapai harapan yang dicanangkan," tandasnya.

Kak Heru juga berharap, kegiatan kepramukaan di lingkungan Ranting Kota Sumenep dapat membudaya semaksimal mungkin. Seluruh aspek kegiatan kepramukaan dapat dilakukan di tingkat sekolah, sehingga menjadi kegiatan rutin sesuai dengan program yang dicanangkan, serta sesuai tema Raker kali ini yakni "Bersatu Membangun Pramuka di Kecamatan Kota Sumenep". ( Ren, Fer )