Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-04-2021
  • 141 Kali

Lakukan FKP RPJMD, Bupati Minta Saran Dan Masukan Seluruh Elemen

Media Center, Senin ( 12/04 ) Forum Konsultasi Publik (FKP) rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menjadi momentum untuk mendapatkan masukan pada arah kebijakan pembangunan dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah.

“Forum konsultasi publik ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun ke depan,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sumenep Tahun 2021 – 2026 di Kantor Bupati, Senin (12/04/2021).

Seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang mengikuti forum konsultasi publik saat ini, agar memberikan masukan positif dan konstruktif, sehingga penyusunan dokumen menjadi lebih baik.

“Melalui RPJMD ini, pada akhirnya bisa mewujudkan pembangunan daerah yang optimal bagi pembangunan manusia, ekonomi dan infrastruktur, aparatur berintegritas, dan menjadi episentrum simpul kemajuan,” harap Bupati.

Untuk itulah, pimpinan OPD harus melakukan perbaikan bahkan perubahan program kegiatan yang nomenklaturnya tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi rakyat, dengan program kegiatan benar-benar memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Saya tekankan kepala OPD berperan aktif dan mempunyai inovasi-inovasi baru yang bisa melahirkan ide-ide cemerlang guna mewujudkan pembangunan daerah lebih baik, untuk menyejahterakan rakyat, mengurangi kemiskinan dengan menekan angka pengangguran,” terang Bupati Achmad Fauzi.

Pemerintah Kabupaten Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi, SH, MH dan Wakil Bupati Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I, mempunyai visi ”Sumenep Unggul, Mandiri dan Sejahtera”,  yang penjabarannya dalam bentuk misi yakni: membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing bidang pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir.

Berikutnya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, inovatif dan responsif dalam melayani masyarakat, melaksanakan pembangunan berazas gotong royong dan berkearifan lokal dan memperkuat pembangunan infrastruktur berbasis lingkungnan hidup berimbang antara daratan dan kepulauan.

Sementara pelaksanaan FKP rancangan awal RPJMD Tahun 2021 – 2026  dilakukan secara virtual, sehingga masyarakat bisa mengikuti kegiatannya melalui Meeting Id yang dibuat oleh penyelenggara. ( Yasik, Fer )