Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-05-2017
  • 245 Kali

Lembaga Pendidikan Penting Tanamkan Kepercayaan Diri Siswa

Media Center, Kamis ( 18/05 ) Bupati Sumenep Dr. KH A Busro Karim, M.Si meminta masing-masing lembaga pendidikan harus menanamkan kepercayaan siswa untuk melahirkan karya dan prestasi. Itu dilakukan, agar lembaga pendidikan tidak hanya mendidik siswa berprestasi untuk lulus saja. melainkan bisa mencetak siswa kreatif dan inovatif melalui karya yang bernilai.

“Lembaga pendidikan sudah sewajarnya mengapresiasi sekolah, tidak hanya melihat hasil Ujian Nasional saja, tapi bagaimana sekolah dalam proses mengajar. Tapi juga mengelola proses belajar mengajar, terutama dalam mencetak siswa untuk berkarya sebagai modal meraka setalah lulus sekolah,”kata Bupati ditemui seusai pembukaan Pameran Pendidikan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 di halaman Kantor Dinas Pendidikan setempat, Kamis sore (18/05).

Bupati menyatakan, kepercayaan diri merupakan awal untuk menjadi orang yang sukses, sehingga membangun kepercayaan diri dilakukan sejak dini, mulai siswa SD hingga SMA. Bahkan, memotivasi siswa untuk senantiasa berkarya, karena siswa itu mampu menghasilkan karya yang bernilai.

“Kewajiban lembaga pendidikan menanamkan kepercayaan diri, bahwa siswa-siswanya memiliki kemampuan untuk berkarya, sesuai dengan bakat dan kemampuannya, sehingga karyanya itu bisa bersaing diera globaliasi dan dunia niaga,”tegas Bupati.

Bupati juga mengungkapkan, selain itu lembaga pendidikan juga membangun komunikasi dengan masyarakat sekitar, karena akibat komuniksi yang buruk, bisa berdampak terhadap kepercayaan masyarakat. Apabila komunikasi dengan masyarakat tidak optimal, dampaknya masyarakat tidak memiliki kepercayaan terhadap lembaga pendidikan dan memilih lembagnya untuk anak-anaknya menuntut ilmu.

“Banyak Sekolah Dasar Negeri (SDN) tidak diminati masyarakat, ini akibat lembaga pendidikan itu kurang berkomukasi dengan masyarakat, dan pengaruhnya masyarakat memilih lembaga pendidikan swasta, guna menyekolahkan anaknya,”imbuhnya. ( Yasik, Esha )