Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-03-2018
  • 403 Kali

Lestarikan Budaya Bangsa Melalui Pencak Silat

Media Center, Senin ( 19/03 ) Pencak silat merupakan salah satu kebudayaan bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumenep, sehingga budaya bangsa ini perlu tetap dilestarikan serta keberadaannya tidak sampai diakui sebagai budaya bangsa lain.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Perguruan Pencak Silat Nasional (PSN) Perisai Putih Cabang Sumenep, Imam Syafi’ie, SH.

Menurutnya, salah satu upaya dalam menjaga dan melestarikan pencak silat ini, yakni dengan menjadikan pencak silat sebagai salah satu ikon daerah.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya di Kabupaten Sumenep ini untuk melestarikan seni bela diri pencak silat yang merupakan salah satu ikon daerah,” ungkap Imam, Senin (19/03).

Diakui, untuk mewujudkan itu semua, pihaknya membutuhkan dukungan baik dari masyarakat Pemerintah Kabupaten setempat, BUMN dan BUMD untuk dapat ikut andil dalam mengembangkan olahraga pencak silat yang ada di Kabupaten Sumenep.

Bahkan, untuk menjawab kerinduan para insan pencak silat di Sumenep, pihaknya gencar melaksanakan ajang prestasi silat, baik dari segi tanding maupun dari segi seni, dan setiap tahun PSN Perisai Putih Cabang Sumenep rutin menggelar festival seni pencak silat, baik tunggal seni maupun tanding.

“Kami harapkan dengan festival ini bisa menjadi penyemangat generasi penerus bangsa, agar selalu mencintai nilai seni kebudayaan bangsa ini,” pungkasnya. ( Ren, Esha )