Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-11-2019
  • 568 Kali

Libatkan Seluruh OPD Terkait Bina Pelaku UMKM Di Sumenep

Media Center, Senin ( 18/11 ) Bagian Perekonomian beserta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melaksanakan Pembinaan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan binaan dari beberapa OPD di Kabupaten Sumenep.

Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Sumenep, Drs. Ach. Laili Maulidy, M.Si, mengungkapkan, sejumlah OPD yang masuk dalam tim pembinaan dan pengembangan UMKM di Sumenep melaksanakan kunjungan langsung ke sejumlah pelaku UMKM khususnya di wilayah perkotaan yang ada di Sumenep.

"Kami bersama tim dari OPD lainnya terjun langsung untuk melihat usaha mereka agar mengetahui kondisi yang ada di masing-masing UMKM tersebut," ungkap Laili, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, ketika dalam kunjungannya ditemukan beberapa kekurangan tentunya akan diupayakan adanya sentuhan program baik berupa pembinaan hingga bantuan modal agar usahanya lebih produktif.

"Melalui tim yang melibatkan unsur OPD terkait lainnya diharapkan UMKM di Sumenep memiliki daya saing tinggi, sehingga tidak hanya laku di pasar lokal, namun bisa meningkatkan ke pasar regional dan nasional bahkan bisa go internasional," tandasnya.

Sementara itu, kunjungan yang dilakukan oleh tim di hari pertama, ada tiga UMKM yang dikunjungi, yakni usaha aneka snack milik Sri Rahayu di Desa Pangarangan merupakan binaan Disnaker Sumenep, usaha makanan ringan berupa kerupuk paru, rambak dan ceker, milik Evi Megasari di Desa Kacongan dan usaha keripik usus milik Ratri warga Pamolokan yang keduanya merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep.

Sedangkan Tim OPD yang tergabung dalam pengembangan dan pembinaan UMKM tersebut terdiri dari Bagian Perekonomian Setdakab Sumenep, Disperindag, Dinkop dan Usaha Mikro, Diskominfo, Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Disnaker, Dinas Perikanan serta dari Perbankan yang ada di Kabupaten Sumenep. ( Ren, Fer )