Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-01-2018
  • 329 Kali

Mahara Siap Layani Psikologi Anak Dan Perempuan Korban Kekerasan

Media Center, Selasa ( 16/01 ) Sebagai bentuk perlindungan terhadap anak dan perempuan korban kekerasan, melalui Palang Merah Internasional Singapura atau Red Cross Singapore membentuk Madura Heritage Raya (Mahara) yang fokus melayani Psikologi First Aid (PFA) untuk anak dan perempuan.

Koordinator Mahara Sumenep, Nanik Farida kepada wartawan, Selasa (16/01) mengatakan, Mahara dibentuk untuk membantu memulihkan kondisi kejiwaan dan emosi perempuan dan anak korban kekerasan.

Disamping itu, tegas Nanik Farida, juga merupakan lembaga di bawah Kelompok Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KEPPAK) yang fokus pada penanganan psikologi anak dan perempuan korban kekerasan.

“Sebab, saat perempuan maupun anak mengalami masalah kekerasan dalam hidup, maka mengalami trauma akibat kekerasan, baik secara fisik maupun psikologi,”ungkap alumni FISIP di Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Karena itu, dengan hadirnya Mahara, menurut Nanik, setidaknya bisa menjadi tempat untuk mencari perlindungan melalui lembaga yang ditangani para lulusan training Psikologi First Aid (PFA) dari Red Cross Singapore atau Palang Merah Internasional di Singapura, yang akan membantu memulihkan kondisi psikologis dan emosi korban kekerasan.

Menurutnya, di Sumenep sendiri hingga saat ini masih belum banyak layanan perlindungan anak dan perempuan. Meskipun ada, diakui Nanik di Sumenep sendiri lembaga yang bergerak dibidang perlindungan anak dan perempuan di kelola Pemerintah Daerah, sehingga juga perlu lebih dimaksimalkan perannya melalui lembaga non pemerrintah.

“Kami berharap lembaga kami menjadi tempat untuk memulihkan psikologis dan emosi anak dan perempuan untuk korban kekerasan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. ( Ren, Esha )