Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-11-2018
  • 360 Kali

Melalui Smart Student Contest Memicu Siswa Semangat Belajar

Media Center, Jum’at ( 16/11 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep senantiasa mendukung pelaksanaan Smart Student Contest (SSC) tingkat SMP se-Kabupaten setempat. Pasalnya melalui lomba itu memicu semangat siswa giat belajar.

“Saya berharap dengan lomba itu bisa menjadi penyemangat siswa di Kabupaten Sumenep untuk mengasah kemampuannya agar menjadi siswa berkualitas, dalam rangka menghadapi persaingan sosial yang semakin berat dan kompleks.” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si saat membuka Final Smart Student Contest tahun 2018 di GOR A. Yani Pangligur Sumenep.

Bupati menyatakan, siswa harus dididik sejak dini untuk meningkatkan kemampuan dirinya agar menjadi siswa yang sukses, sebab siswa yang tidak memiliki kemampuan dan spirit kompetisi yang tinggi, pasti tersingkir dengan sendirinya.

Salah satu contohnya dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, peserta CPNS secara nasional yang lulus tes seleksi hanya 3 persen dari total kebutuhannya, sedangkan di Kabupaten Sumenep dari sebanyak 1.943 peserta ternyata hanya 80 orang yang lulus ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Kita memiliki tanggung jawab bersama, sebab mencetak siswa berkualitas bukan sekedar tanggung jawab guru semata melainkan juga orang tua, jadi mari kita bersama-sama kerja keras dan kerja cerdas guna mencetak siswa berkualitas di Kabupaten Sumenep.” tegas suami Nurfitriana ini.

Ia mengungkapkan, pemerintah daerah telah memperhatikan anggaran dana pendidikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep yang totalnya hampir mencapai 25 persen.

“Dalam aturannya anggaran untuk pendidikan itu dialokasikan sebesar 20 persen, namun di APBD Kabupaten Sumenep mencapai 24 persen lebih, jadi sangat wajar apabila saya menagih kualitas pendidikan di Sumenep ini, sebab anggarannya sudah terpenuhi bahkan melebihi ketentuannya.” terangnya.

Peserta Final Smart Student Contest adalah SMPN 1 Sumenep, SMPN 2 Saronggi, SMPN 1 Kalianget dan SMPIT Al-Hidayah.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. H . Achmad Shadik, M.Si, menambahkan, tujuan lomba itu antara lain sebagai parameter kinerja guru mata pelajaran ujian nasional sekaligus untuk meningkatkan motivasi tenaga pendidik dalam pembinaan siswa.

“Selain itu untuk membiasakan siswa hidup dalam persaingan positif dan memotivasi belajar sepanjang hayat.” pungkasnya. ( Yasik, Fer )