fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Menelusuri Rute Genealogi Tokoh-tokoh Awal Sumenep Dalam Lintas Sejarah

  • 2020-07-01
  • infokom
  • 805 Kali

Media Center, Rabu ( 01/07 ) Sejarah memiliki alur yang jelas, khususnya para pelakunya yang kini hanya meninggalkan jejak dan nama besar. Para pelaku sejarah juga memiliki rute perjalanan yang di dalamnya juga memuat perihal genealogi.

Begitu pula sejarah Sumenep dan tokoh-tokoh yang menghiasi setiap lembarannya. Genealogi memiliki porsi yang paling penting. Karena sejarah tempo doeloe memang kebanyakan berakar pada sejarah kekeluargaan.

Berusia paling sepuh dibanding tiga kabupaten lain sesama anak-anak Madura, Sumenep dibentuk oleh banyak fase, zaman, dan tokoh-tokoh besar.

Meski setiap fase dan tokoh memiliki karakter dan pencapaian berbeda, secara genealogi, mereka memiliki keterkaitan seperti mata rantai dan gugusan pulau di Madura timur yang tak bisa dipisahkan.

Dalam hal fase, Sumenep sedikitnya terbagi dalam empat fase. Begitu pula dinasti yang menggerakkan roda pemerintahan sekaligus peradabannya.

Tokoh-tokoh ini memiliki kisah yang penuh romantika. Memiliki susur galur dan rute yang unik. Tak hanya rute perjalanan hidup, tapi juga tempat, dan asal usul yang menarik untuk ditelusuri.

Media Center dalam beberapa edisi mencoba mengulas rute genealogi tokoh-tokoh awal Sumenep dalam lintas sejarah. Meski tidak harus terikat dalam sistematika ilmiah, namun penelusuran sejarah genealogi ini sepenuhnya bisa dipertanggungjawabkan. ( Han, Fer )

image

Mengenal Sosok Kiai Pekke, Saksi Sejarah Terbuktinya Ramalan Tujuh Turunan

Kategori : Pariwisata & Budaya

Media Center, Kamis ( 13/08 ) Di edisi beberapa waktu lalu, Media Center mengulas tentang ziarah Masjid Lembung, di kawasan

image

Ziarah Masjid Lembung, Peninggalan Guru Bindara Saot

Kategori : Pariwisata & Budaya

Media Center, Sabtu ( 25/07 ) Berdiri di ketinggian, masjid ini tampak gagah dan mewah. Masjid Lembung. Lembung merupakan nama

image

Ziarah Masjid Sendir, Bekas Langgar Tertua Di Kawasan Lenteng

Kategori : Pariwisata & Budaya

Media Center, Sabtu ( 25/07 ) Masjid Nurul Huda namanya. Terletak di Desa Sendir, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura. Masjid