Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-01-2019
  • 425 Kali

Meski Harus Antri 24 Tahun, Pendaftar JCH Terus Meningkat

Media Center, Rabu ( 23/01 ) Minat masyarakat muslim di Kabupaten Sumenep untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke lima, yakni ibadah haji tetap tinggi setiap tahunnya, bahkan ribuan Jamaah Calon Haji (JCH) Sumenep tiap tahun pendaftar selalu bertambah. Padahal, mereka harus benar-benar berlatih sabar, pendaftar di 2019 ini harus menanti daftar tunggu hingga 24 tahun untuk bisa beribadah ke Tanah Suci Mekkah.

Kasi Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, H. Nur Muhammad Rifa'i Hasyim, M.Pd mengungkapkan, animo pendaftar ibadah haji dari tahun ke tahun selalu meningkat, karena keinginan mereka untuk datang ke Tanah Suci tidak ingin tertunda lebih lama lagi.

“Bagi masyarakat muslim yang memang sudah memiliki dana memang diharapkan segera melakukan pendaftaran, agar segera mendapat porsi antrian JCH,” ungkap Rifa’i Hasyim, Rabu (23/01/2019).

Menurutnya, bagi yang sudah terdaftar, jika kemungkinan ada perubahan atau penambahan kuota, maka bisa lebih cepat berangkat. Namun, daftar tunggu akan lebih panjang lagi, jika jumlah pendaftar dari tahun ke tahun lebih banyak. Apalagi ditambah dengan tingkat kesejahteraan dan perekonomian warga Sumenep yang tentu terus berkembang.

Sementara itu, jelas Rifa'i dari data yang ada dari tahun ke tahun masyarakat yang mendaftar haji meningkat signifikan. Jika di tahun 2017 mencapai 3.864 orang pendaftar di tahun 2018 naik menjadi 4.932 orang pendaftar, dan pihaknya meyakini tahun 2019 ini akan meningkat dari tahun sebelumnya.

“Dan untuk CJH tahun 2019 ini yang sudah masuk kuota haji sebanyak 742 orang dan cadangan 25 orang, bahkan saat ini sudah mulai dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi CJH.” tandasnya. ( Ren, Esha )