Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-04-2018
  • 365 Kali

Mulai Hari Ini Polres Sumenep Gelar Operasi Patuh Semeru 2018

Media Center, Kamis ( 26/04 ) Mulai hari ini (26/04) hingga tanggal 9 Mei 2018, jajaran Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, siap menggelar Operasi Patuh Semeru 2018.

Kesiapan kegiatan itu ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2018 di halaman Mapolres Sumenep, Kamis (26/04). Kemudian dilanjutkan dengan pembagian selebaran di Jalan Urip Sumoharjo depan Mapolres. Selebaran yang dibagikan itu berisi himbauan untuk tertib berlalu lintas.

"Operasi Patuh Semeru ini akan dilaksanakan selama 15 hari kedepan. Dengan sasaran seluruh pengendara motor, baik roda dua maupun roda empat," kata Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen, SIK, SH, Kamis (26/04).

Ia menuturkan, operasi patuh ini lebih mengedepankan pada tindakan represif berupa tilang 80 persen, sisanya baru teguran.

"Untuk beberapa pelanggaran ringan masih bisa berupa teguran. Tetapi untuk pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, ya harus ditindak," ujarnya.

Dalam operasi tersebut, jajaran Polres Sumenep mengerahkan 61 personel. "Kami mengedepankan penindakan, karena untuk teguran sudah beberapa kali dilakukan dalam kegiatan sebelumnya. Termasuk juga operasi rutin, kami sudah melakukan teguran-teguran bagi pengendara yang melakukan pelanggaran," tegas Kapolres.

Ia juga mengungkapkan, operasi patuh digelar untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Karena itu, operasi ini akan dilakukan berpindah-pindah di beberapa titik, terutama di kawasan rawan kecelakaan lalu lintas dan kawasan padat lalu lintas.

"Kecelakaan lalu lintas itu biasanya diawali dari pelanggaran. Karena itulah kami mengedepankan penindakan bagi pelanggar lalu lintas," pungkasnya. ( Nita, Esha )