Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-08-2019
  • 603 Kali

Musim Kemarau, Petani Tembakau Harapkan Yang Terbaik

Media Center, Kamis ( 08/08 ) Memasuki musim kemarau mayoritas masyarakat Madura terutama di Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memanfaatkannya dengan menanam tembakau.

Untuk itu di musim kemarau tahun ini petani berharap kualitas tembakau sangat baik, sehingga akan membawa berkah dan memiliki harga jual tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Teknis Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Suryadi saat ditemui Media Center, Kamis (08/08/2019).

Ia menambahkan, tembakau disebut dengan istilah daun emas oleh sebagian orang Madura apabila memberi nilai ekonomi yang baik jika didukung dengan musim kemarau, sehingga menghasilkan tembakau berkualitas tinggi dan tentunya dengan harga jual yang tinggi pula.

Bahkan, lahan pertanian di wilayah Kecamatan Guluk-guluk mempunyai kualitas relatif lebih baik dibandingkan wilayah lainnya, karena pemanfaatan lahannya dengan tanaman tembakau hingga mencapai 65 persen.

Suryadi menjelaskan, luas areal tanam tembakau di wilayah Kecamatan Guluk-guluk, pada bulan Juni 2019 yakni, sawah 218 hektare, tegalan 1.063 hektare, pegunungan 718 hektare. Sedangkan pada bulan Juli 2019, sawah 799 hektare, tegalan 643 hektare dan pegunungan 155 hektare.

Bertambahnya areal tanam pada bulan Juli tersebut karena faktor cuaca kemarau tahun ini semakin membaik, sehingga petani tertarik dan yakin musim tembakau kali ini akan mempunyai nilai jual yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. ( Rasyid/Ismi, Fer )