Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-09-2017
  • 476 Kali

Nelayan Penting Ikut Program Kartu Dan Asuransi Nelayan

Media Center, Senin ( 04/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep meminta pihak tekait di jajaranya untuk meningkatkan sosialisasi kepada nelayan supaya mengikuti program kartu nelayan dan asuransi nelayan.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat untuk mengikuti program kartu nelayan sangat penting, karena berdasarkan data, dari 45.000 nelayan di Sumenep baru mencapai 35 persen yang memiliki kartu nelayan, dan 27 persen nelayan mengikuti asuransi nelayan. Padahal, program ini bermanfaat bagi para nelayan, jika suatu saat mengalami musibah atau kecelakaan.

“Saya berharap Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep meningkatkan sosialisasi pentingnya program kartu nelayan dan asuransi nelayan sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan,”kata Bupati.

Bupati menyatakan, hingga saat ini, penyaluran dana asuransi nelayan di Sumenep mencapai Rp 2,9 milyar kepada 19 nelayan, karena itu, pihaknya meminta Camat yang di daerahnya ada nelayan, untuk membantu mensosialisasikan kartu nelayan dan asuransi nelayan. Itu dilakukan agar program kartu nelayan dan asuransi nelayan bisa menyentuh semua nelayan di wilayah Sumenep, baik yang berada di Kecamatan daratan dan kepualuan.

”Saya kira ini tidak mungkin dilakukan oleh satu Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) saja, tapi juga perlu batuan Camat yang di wilayahnya ada masyarakat nelayan untuk aktif mensosialisasikan kartu nelayan dan asuransi nelayan, supaya semua nelayan mengikuti program itu,”tegas Bupati.

Bupati mengungkapkan, Kabupaten Sumenep jumlah pulaunya mencapai 126 buah, dari 27 Kecamatan yang ada, diantaranyaa 9 Kecamatan termasuk kategori Kecamatan kepulauan yang memiliki 170 Desa pesisir, luas perairan 50.000 kilometer persegi, dan panjang garis pantai mencapai 577 kilometer.

“Selain program itu, saya juga berharap perlu menggalakkan UKM berbasis nelayan di masyarakat, karena potensi kelautan yang begitu luar biasa, dengan harapan memudahkan nelayan memasarkan terhadap produksi hasil laut,”pungkas Bupati dua periode ini. ( Yasik, Esha )