Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-09-2018
  • 402 Kali

Ny. Nurfitriana Busyro Ajak Masyarakat Mengkonsumsi Ikan Sebagai Menu Harian

Media Center, Senin ( 24/09 ) Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumenep berharap dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan dan masyarakat agar terus memasyarakatkan makan ikan, sebagai menu harian kepada anak-anaknya.

“Saya ingin semua elemen masyarakat mengenalkan sejak dini kepada anak-anak agar mereka tidak bosan-bosan makan ikan, sebab ikan adalah sumber protein dan omega-3 yang berfungsi meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh manusia. Bagi seorang anak, makan ikan dapat mempercepat masa pertumbuhan, perkembangan tubuh dan otak anak, sehingga anak bisa tumbuh sehat dan pintar.” kata Ketua Forikan Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro pada Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan Lomba Mewarnai Dengan Tema Ikan tingkat PAUD/TK tahun 2018 di Kecamatan Gapura, Senin (24/09).

Ia menyatakan, meskipun konsumsi ikan di Kabupaten Sumenep dalam beberapa tahun ini mengalami kenaikan signifikan dan tertinggi di Jawa Timur, namun masih ada Kecamatan yang masyarakatnya masih rendah dalam mengkonsumsi ikan.

Sehingga upaya yang dilakukan untuk mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan telah dilaksanakan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan, terutama Kecamatan yang tingkat konsumsi ikannya rendah.

“Upaya meningkatkan masyarakat mengkonsumsi ikan laut juga sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi perikanan di Kabupaten Sumenep, sebagai daerah maritim dan salah satu penghasil produksi ikan terbesar di Jawa Timur.” tuturnya.

Perlu diketahui pada kegiatan tersebut juga digelar Lomba Menu Berbahan Ikan Dengan Ikan Bakar Kakap Merah, bahkan dilakukan demo cara membersihkan tulang ikan bandeng oleh petugas Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep bersama Ketua Forikan Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro.

Ny. Nurfitriana Busyro mengungkapkan, Kabupaten Sumenep menjadi wakil Provinsi Jawa Timur pada Lomba Memasak Menu Ikan Tingkat Nasional yang pelaksanaannya pada akhir tahun ini.

“Alhamdulillah, prestasi ini merupakan prestasi pertama Kabupaten Sumenep di tingkat nasional mewakili Jawa Timur dalam program Gemarikan. Yang jelas prestasi ini patut diapresiasi sebagai salah satu indikator keberhasilan memasyarakatkan makan ikan di Kabupaten Sumenep.” pungkasnya.

Sementara itu Lomba Menu Berbahan Ikan Dengan Ikan Bakar Kakap Merah diikuti sebanyak 65 stand yang terdiri dari OPD, BUMN, BUMD dan masyarakat umum. ( Yasik, Fer )