Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-10-2018
  • 343 Kali

Ny. Nurfitriana, Orang Tua Lindungi Anak Dari Pengaruh Buruk Perangkat Digital

Media Center, Sabtu ( 06/10 ) Orang tua agar mampu melindungi anak-anak dari ancaman era digital, namun tidak menghalangi potensi manfaat yang ditawarkannya, sehingga harus mengarahkan anak dalam menggunakan media digital dengan jelas.

“Jika anak sudah terpapar media digital, lebih baik untuk mengarahkan dengan komunikasi efektif untuk memutuskan berapa lama dan kapan mereka menggunakannya. Sebab apabila salah menggunakan, bisa mencelakai penggunanya, jadi membutuhkan ekstra tanggung jawab dari penggunanya ataupun orang tua.” kata Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro pada Penyerahan Bantuan Sosial dan Sosialisasi Parenting Menjaga Fitrah dan Imunitas Anak di Era Digital bertempat di Sekretariat PKK setempat, Sabtu (06/10).

Ia menyatakan, menjadi awal kesalahan apabila menyerahkan keputusan menggunakan media digitial sepenuhnya kepada anak, melainkan kewajiban orang tua untuk lebih peduli tentang penggunaan media digital.

Karena itu, pihaknya mengajak orang tua agar mengimbangi waktu anaknya dalam menggunakan media digital dengan interaksi di dunia nyata.

“Orang tua harus mengusahakan anak-anaknya melakukan kegiatan positif seperti kegiatan luar ruangan, olah raga, permainan tradisional dan sebagainya. Apabila anak menggunakan perangkat digital sesuaikan dengan keperluannya bahkan orang tua mendampingi anak selama menggunakan media digital.” tegasnya.

Ny. Nurfitriana Busyro mengungkapkan, orang tua jangan memilih program atau aplikasi positif, jangan sampai ada yang tidak layak bagi anak-anak di perangkat digitalnya, sebab kesalahan memilih aplikasi tentu memiliki dampak buruk terhadap perkembangan anak baik fisik maupun psikologis.

“Saya mengingatkan bahwa menjadi lebih peduli, bukan berarti orang tua harus piawai dan paham segala macam hal dan istilah teknis dari media digital yang digunakan anaknya. Selama anak masih bergantung kepada orang tua, wajib mengetahui, bukan membatasi untuk apa dan bagaimana media digital digunakan oleh anak.” tuturnya.

Dalam acara itu Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro juga menyerahkan bantuan sosial kepada anak-anak yatim.

Ny. Nurfitriana Busyro menambahkan, keberadaan media digital memiliki pengaruh besar terhadap anak, diantaranya yakni kesehatan mata jika penggunaan berlebihan terhadap ponsel pintar dan lainnya bisa memicu penglihatan yang buruk, menurunnya prestasi belajar anak.

Termasuk juga perkembangan fisik, sebab membatasi aktifitas fisik terutama kebutuhan tubuh untuk tumbuh kembang optimal, mengingat jika larut dengan perangkat digital biasanya anak sering menahan lapar, haus, dan buang air, sehingga mengganggu sistem pencernaan, yang menyebabkan ketidakseimbangan bobot tubuh terlalu gemuk atau kurus.

“Begitu juga perkembangan sosial anak tumbuh menjadi pribadi yang egois sehingga sulit bergaul secara langsung serta bisa menunda perkembangan bahasa anak, terutama anak usia di bawah 2 tahun.” pungkas isteri Bupati Sumenep ini. ( Yasik, Fer )