Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-07-2017
  • 416 Kali

Otoritas Bandara Trunojoyo Ingatkan Pemain Layang-layang

Media Center, Selasa ( 25/07 ) Untuk memaksimalkan penerbangan dari Bandara Trunojoyo Sumenep menuju penerbangan komersial, Otoritas Bandara Trunojoyo Sumenep terus melakukan sosialisasi guna keselamatan dan keamanan dalam penerbangan, utamanya di wilayah yang termasuk dalam Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Kasubsi teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Trunojoyo Sumenep, Candra Jaya kepada wartawan, Selasa (25/07) mengungkapkan, sosialisasi terus dilakukan karena adanya keluhan dari maskapai penerbangan sering kali terganggu dengan permainan layang-layang yang dilakukan warga, khususnya di sekitar Bandara.

“Selain membahayakan penerbangan dan mengancam keselamatan para pengguna maskapai pesawat, KKOP menjadi area terlarang,”jelasnya.

Diakui, beberapa larangan yang dianggap mengganggu dan membahayakan penerbangan, yakni bermain layangan, balon udara serta mengarahkan sinar laser ke pesawat. Bahkan, apabila itu dilakukan, bisa diancam hukuman sesuai dengan peraturan undang-undang yang ada.

Karena itu, pihaknya sudah melayangkan surat kepada para Kepala Desa di sekitar lokasi bandara. Selain itu, pihaknya juga berharap agar warga pemilik drone, dan masyarakat yang ingin mendirikan gedung tinggi harus berkonsultasi atau meminta izin terlebih dahulu ke Otoritas Bandara atau Dinas Perhubungan Sumenep.

“Sekali lagi kami berharap agar masyarakat di sekitar Bandara Trunojoyo, utamanya yang berada di KKOP atau 5 kilometer dari ujung landasan pacu (runway) dapat menjaga keselamatan penerbangan, karena hal itu sering dikeluhkan dari para crew maskapai,“tambahnya. ( Ren, Esha )