Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-07-2018
  • 429 Kali

Pada 22 Juli, Pemkab Gelar Lomba Ayam Bekisar Tingkat Nasional

Media Center, Selasa ( 17/07 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Lomba Ayam Bekisar Tingkat Nasional, pada Minggu 22 Juli 2018, yang terbagi dalam 3 kelas perlombaan yakni pratama, madya dan utama.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, pihaknya bersama pecinta ayam bekisar mengagendakan lomba ayam bekisar sebagai upaya untuk memberitahukan kepada masyarakat, jika ayam bekisar berasal dari Kecamatan Arjasa (Pulau Kangean atau Pulau Cukir) Kabupaten Sumenep.

Karena itu dengan adanya lomba tingkat nasional ini bisa menggairahkan masyarakat untuk melestarikan salah satu hewan khas Sumenep.

“Lomba ayam bekisar ini sejatinya bukan kegiatan yang baru di Kabupaten Sumenep, sebab ayam bekisar merupakan asli dari Sumenep, meskipun banyak masyarakat yang belum mengetahui asal ayam bekisar ini. Sehingga lomba ini untuk menghidupkan kembali gairah masyarakat memelihara ayam bekisar.” imbuhnya.

Selain ingin menggairahkan pelestarian ayam bekisar, menurut Bupati 2 periode ini, penyelenggaraan lomba itu sejatinya dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat, dengan memanfaatkan lomba untuk membuka usaha kreatifnya.

“Ujung-ujungnya selain memperkenalkan potensi Kabupaten Sumenep juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi kami berharap dukungan semua pihak semua program pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian melalui sektor wisata.” tuturnya.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto SE, MM, menambahkan, pihaknya telah mengagendakan 3 jenis lomba ayam tingkat nasional tahun ini, yakni lomba ayam bekisar, lomba ayam kokok panjang dan lomba ayam hutan.

“Kami sengaja mengadakan lomba ayam hutan sebab ayam hutan ini sebagai induk persilangan dengan ayam kampung, dan hasil anakan ayam hutan dan ayam kampung itulah disebut ayam bekisar.” tandasnya.

Hingga saat ini sudah ada 200 peserta yang mendaftar untuk mengikuti Lomba Ayam Bekisar Tingkat Nasional 2018. Peserta itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya Jogjakarta, Jakarta, Bali, Semarang dan Tulungagung. ( Yasik, Fer )