Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-11-2018
  • 528 Kali

Pasca FKMS, Pengrajin Keris Desa Aeng Tong-Tong Harapkan Makin Dikenal

Media Center, Senin ( 05/11 ) Pengrajin keris di Desa Aeng Tong-tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep berharap Desanya semakin dikenal tidak hanya di dalam negeri namun juga ke mancanegara. Karena Desa Aeng Tong-tong layak dikenal dengan potensi pengrajin keris nomor wahid di dunia.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pelar Agung Desa Aeng Tong-tong, Sanamo. Menurutnya, dengan dijadikannya kunjungan wisata budaya bagi setiap wisatawan yang datang ke Sumenep tentu tidak diragukan lagi Desa Aeng Tong-tong semakin banyak dikenal memiliki potensi pengrajin keris. Bahkan desanya juga meraih penghargaan sebagai terbaik 2 kategori Daya Tarik Wisata Budaya pada Anugerah Wisata Jatim 2018.

"Apalagi setelah kedatangan tamu para raja dan pemangku adat pada rangkaian kegiatan FKMA kemarin, sehingga sangat memungkinkan bagi mereka untuk lebih mengenalkan pusaka dari Desa Aeng Tong-tong ini ke masing-masing daerahnya." ungkapnya, Senin (05/11). 

Bahkan, menurut Sanamo tamu para raja dan pemangku adat di desanya mengakui kekaguman mereka saat melihat langsung dari tempat pembuatan hingga penjamasan keris yang sudah menjadi budaya masyarakat Desa Aeng Tong-tong.

Apalagi tegas Sanamo, raja-raja dan pemangku adat biasanya memang tidak lepas dari benda pusaka seperti keris, tombak dan sebagainya. Dan merupakan kebanggaan tersendiri apabila memiliki banyak koleksi benda-benda pusaka bersejarah.

"Karena itu potensi yang dimiliki desa kami tidak akan disia-siakan dan tentunya kami lebih kreatif berkarya agar peminat keris Desa Aeng Tong-tong terus bertambah." pungkasnya. ( Ren, Fer )