Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-07-2017
  • 378 Kali

PDAM Sumenep Distribusikan Air Ke Desa Rawan Kekeringan

Media Center, Senin ( 24/07 ) Untuk mengantisipasi kebutuhan air bersih selama musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumenep bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep akan mendistribusikan air ke sejumlah Desa yang rawan kekeringan.

Direktur PDAM Sumenep, Sih Purwadianto kepada Media Center, Senin (24/07) mengungkapkan, produksi air bersih tahun ini, khususnya dalam menghadapi musim kemarau dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kalau distribusi selama kemarau untuk di daerah yang kekeringan aman, karena produksi air kita Dikatakan, untuk distribusi air bersih melalui tangki disesuaikan dengan data Desa yang ada, serta sesuai dengan permintaan di BPBD. Pihaknya juga memastikan distribusi air bersih bisa menjangkau daerah kekeringan terjauh, semisal di Kecamatan Pasongsongan.

Sementara untuk daerah yang sulit dijangkau tangki air dari PDAM maupun BPBD, nantinya akan ada sarana prasarana hidran umum untuk menampung air bersih, sehingga warga yang jauh bisa mengambil dengan menggunakan jerigen. Setiap bulan PDAM Sumenep mampu memproduksi 400.000 kubik air, sedangkan kebutuhan air hanya sekitar 300.000 kubik per-bulan. Karena itu, meskipun produksi air meningkat tahun ini, namun semakin tahun debit air semakin berkurang, sementara jumlah penduduk meningkat.

“Karena itu masyarakat diharapkan menggunakan air dengan arif, bijak dan hemat sesuai keperluan, utamanya untuk air minum,”tandasnya. ( Ren, Esha )