Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-11-2017
  • 410 Kali

Peduli Rakyat Miskin, Pemerintah Gratiskan Rastra 2018

Media Center, Senin ( 20/11 ) Sikap kepedulian pemerintah terhadap warga miskin patut diacungi jempol. Itu dibuktikan kebijakan terhadap bantuan Beras Sejahtera (Rastra). Mulai tahun depan, penerima Rastra tidak perlu lagi merogoh koceh untuk melakukan penebusan. Pemerintah akan menggratiskan.

Menteri Sosial (Mensos) RI, Ir. H. Khofifah Indar Parawansa mengatakan, mulai 2018 nanti tidak ada lagi subsidi Rastra. Adanya ialah Bantuan Sosial (Bansos) Rastra. Sehingga, siapa pun tidak diperkenankan meminta uang tebus Rastra.

“Ini kebijakan baru. Tahun depan tidak ada lagi yang namanya uang penebusan Rastra,”kata Khofifah usai menghadiri acara pengajian di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu malam (19/11).

Seperti diketahui, sejauh ini setiap keluarga penerima manfaat Rastra harus mengeluarkan biaya tebus sebesar Rp. 1.600 per kilogram. Sehingga dalam 15 kilogram, mereka harus mengeluarkan biaya sebesar  Rp. 24 ribu.

“Semua itu akan lenyap. Karena mulai tahun depan berubah menjadi Bansos,"ungkapnya.

Bantuan sosial itu berupa Bansos Rastra, dan juga ada bantuan pangan. Yang sudah menjadi bantuan pangan itu 10 juta keluarga. Sedangkan yang masih Bansos Rastra 5,6 juta keluarga.

"Intinya sudah tidak ada lagi subsidi Rastra. Semuanya sudah jadi Bansos,”pungkasnya. ( Nita, Fer )