Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-04-2018
  • 274 Kali

Pelaksanaan UNBK Lancar Meski Sempat Tertunda Akibat Server Maintenance

Media Center, Senin ( 23/04 ) Meskipun pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat 2018 di Kabupten Sumenep sempat tertunda di hari pertama, akibat server UNBK pusat sedang maintenance (pemeliharaan), namun secara umum pelaksanaannya berjalan lancar.

“Kami lakukan pemantauan di lembaga penyelenggara di tiga Kecamatan, secara keseluruhan pelaksanaan UNBK SMP sederajat berjalan lancar setelah komputer di lembaga penyelenggara bisa mengakses soal-soal ujian.” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. R. Idris. MM seusai melakukan pemantauan UNBK SMP sederajat di SMP Negeri 1 Batang-Batang, Senin (23/04).

Ia menyatakan, berdasarkan hasil pantauan di tiga lembaga penyelenggara itu, angka kehadiran siswa peserta UNBK di hari pertama cukup tinggi, karena peserta ujian mencapai 99 persen. 

Pihaknya beharap, dengan UNBK ini bisa mencetak siswa yang berkarakter mandiri, mengingat pelaksanaan ujian dengan UNBK tidak ada siswa mencotek, sehingga siswa harus menyiapkan diri sebaik-baiknya.

“Semoga dengan UNBK yang dilaksanakan itu bisa melahirkan siswa berprestasi dan mandiri agar menjadi generasi muda yang berilmu dan tangguh dalam menjalani kehidupannya di masa mendatang.” tegasnya.

Penjabat Sekda Kabupaten Sumenep, melakukan pemantauan di MTS Negeri 1 Sumenep, SMP Negeri 1 Gapura dan SMP Negeri 1 Batang-Batang didampingi Kabid Pembina Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Terpisah Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma, SH, MH mengungkapkan, pemantauan UNBK SMP sederajat dilakukan untuk mengetahui kesiapan lembaga penyelenggara, namun yang jelas secara umum pelaksanaan UNBK SMP sederajat di Sumenep berjalan lancar.

“Saya harapkan pelaksanaan UNBK SMP sederajat berjalan normal dan tidak ada masalah yang bisa menghambat hingga akhir pelaksanaan ujian, termasuk peserta ujian bisa lulus 100 persen.” pungkasnya.

Pemantauan yang dilakukan Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma bersama rombongan yakni Kepala Dinas Pendidikan Drs. Ach. Sadik, M.Si, Asisten Pemerintahan Drs. Ec. Carto, MM, Kepala Diskominfo Drs. H. Koesman Hadi. M.Si dan Kabag Humas Abd. Kadir, SH.

Lembaga penyelenggara yang dipantau yakni SMP Negeri 1 Kalianget, SMP Negeri 5 Sumenep, SMP Negeri 1 Sumenep dan MTsN Tarate. ( Yasik, Esha )