Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-09-2019
  • 279 Kali

Pelatihan Dasar CPNS, Sekda Motivasi ASN Tingkatkan Kompetensi

Media Center, Kamis ( 19/09 ) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai ujung tombak kemajuan pembangunan daerah, harus meningkatkan kompetensi di tengah berbagai perubahan di era revolusi industri 4.0.

“Saat ini, ASN di semua golongan membutuhkan kompetensi baik itu pengetahuan, keterampilan dan etika agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, pada pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan 26 dan 27 tahun 2019, di SKD Batuan, Kamis (19/09/2019).

Sekda menyatakan, mengembangkan kompetensi ASN itu tidak hanya sekedar pada tataran teknis semata, namun juga kompetensi soft skill untuk meningkatkan kualitas kinerja, sehingga dengan pelatihan dasar itu keterampilan, kompetensi dan sikap dapat ditingkatkan.

“Kompetensi soft skill diantaranya kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis, kreatif, manajemen manusia, kecerdasan emosional, penilaian dan membuat keputusan, orientasi pelayanan, negosiasi dan fleksibilitas kognitif,” ujarnya.

Selain itu, pengembangan kemampuan diri atau kompetensi para ASN menurut Sekda Edy Rasiyadi, mampu menyesuaikan diri di dalam dunia birokrasi terutama membangun kerja sama dengan seluruh jajaran masing-masing OPD, demi menciptakan kebersamaan, melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Para ASN jangan sampai jalan sendiri-sendiri dan tidak mau diatur dalam menjalakan tugas dan fungsinya, bahkan tidak harmonis dengan pimpinan maupun karyawan lainnya. Karena manakala kondisi seperti itu terjadi, jelas mengganggu terhadap keberhasilan program di setiap OPD,” tandasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abdul Madjid, S.Sos, M.Si, mengungkapkan, peserta Pelatihan Dasar (Latsar) itu adalah CPNS golongan II sebanyak 76 orang yang berasal dari 5 instansi yakni Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas PU Sumber Daya Air, Dinas Perhubungan dan RSUD Arjasa.

“Tujuan Latsar untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggungjawab serta memperkuat profesionalisme sekaligus kompetensi bidang,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )