Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-09-2020
  • 735 Kali

Pemdes Aeng Panas Salurkan BLT-DD Tambahan Tiga Bulan

Media Center, Selasa ( 22/09 ) Sebagai upaya mengatasi dampak Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintahan Desa (Pemdes) Aeng Panas, Kecamatan Pragaan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tambahan selama tiga bulan terakhir di Balai Desa setempat.

Jumlah yang diserahterimakan sebesar Rp300 ribu setiap bulan selama tiga bulan yaitu bulan Juli, Agustus dan September 2020.

“Jadi masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima BLT-DD selama 3 bulan sebesar Rp900 ribu,” kata Kades Aeng Panas, Muhammad Romli, SE, Senin (21/09/2020) kemarin.

Ia menambahkan, program BLT-DD dimaksudkan sebagai langkah jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 yang diperpanjang oleh pemerintah pusat.

“Aturan Pemerintah Pusat, BLT yang berasal dari Dana Desa (DD) itu diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak hanya tiga bulan April, Mei dan Juni melainkan diperpanjang menjadi enam bulan atau hingga bulan September. Tapi nominalnya yang tiga bulan per/bulan hanya Rp300 ribu,” ungkapnya.

Keputusan tersebut katanya, bukan hanya inisiatif desa tapi sudah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 Tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa.

Romli menjelaskan, bahwa pengurangan dari jumlah sebelumnya, karena ekonomi masyarakat kini dinilai mulai pulih sebab, pelonggaran pembatasan aktivitas ekonomi di masa kenormalan baru atau new normal pandemi Covid-19.

“Masyarakat sudah bisa bekerja lagi dalam situasi new normal meski tetap memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan. Bantuan ini hanya menopang hasil kerja ekonomi warga yang belum benar-benar stabil,” pungkasnya.

Ia berharap kepada warga yang belum merasakan manfaat BLT-DD dimohon pengertiannya karena keterbatasan anggaran. Untuk itu, jangan ada kecemburuan sosial yang bisa memicu kesenjangan di kalangan warga. ( KIM-KMAP/Ismi, Fer )