Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-03-2018
  • 565 Kali

Pemkab Rencanakan Kembangkan PLTS Di Sejumlah Daerah

Media Center, Senin ( 05/03 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah Kecamatan Ganding tahun 2018.

“Pembangunan PLTS di daerah setempat sangat penting dilakukan, karena di beberapa titik membutuhkan penerangan. Dengan memilih PLTS untuk penerangan lebih irit biaya dan lebih terjangkau,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pondok Pesantren An-Nuqayah Guluk-guluk Sumenep, Senin (05/03).

Bupati menyatakan, Pemerintah Daerah terus berupaya agar pengembangan PLTS tidak hanya di Kecamatan Ganding saja, melainkan di berbagai daerah di Sumenep, guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sektor penerangan. Hanya saja, pihaknya memang menemukan kendala dalam mengembangkan program PLTS itu, yakni maraknya pencurian peralatan PLTS.

“Salah satu kendala pengembangan PLTS di Sumenep adalah pencurian PLTS oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti yang terjadi di Desa Nambakor Kecamatan Saronggi beberapa waktu yang lalu,” imbuhnya.

Ia berharap, pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 30 KWP (Kilo Watt Peak) on-grid di Pondok Pesantren An-Nuqayah Guluk-guluk melalui CSR PT. Paiton Energy, memberikan manfaat kepada pondok pesantren tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan PT. Paiton Energy, karena Kabupaten Sumenep membutuhkan kontribusi dan partisipasi seperti ini. Beberapa waktu lalu, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga menghibahkan PLTS kepada warga Desa Bringsang Kecamatan Giligenting,” tandasnya.

Bupati berharap, agar Pondok Pesantren merawat PLTS melalui CSR itu, sekaligus memanfaatkannya, guna pengembangan pesantren sebagai pusat pengembangan generasi muda Islam yang unggul dan berkualitas.

“Tugas yang paling berat dengan adanya fasilitas PLTS itu, yakni dalam proses merawat fasilitas, agar pondok pesantren bisa memanfaatkan secara berkelanjutan,” pungkas Ketua DPC PKB ini. ( Yasik, Esha )