Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-02-2018
  • 552 Kali

Pemkab Sumenep Siap Dukung Pengembangan Bandara Trunojoyo

Media Center, Senin ( 26/02 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep senantiasa mendukung terobosan dan perjuangan pimpinan Bandara Trunojoyo, agar bandara itu terus berkembang menjadi bandara yang representatif dan pesawat berbadan lebar, seperti Boeing bisa mendarat.

“Karena memang seperti itulah harapan masyarakat Sumenep. Jadi, kami (Pemkab Sumenep) senantiasa mendukung segala upaya, seperti penyediaan akses jalan menuju bandara maupun penyediaan lahan yang memang menjadi ranah Pemerintah Daerah,” kata Bupati pada acara pisah sambut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara kelas III Trunojoyo Sumenep, di Bandara Trunojoyo setempat, Senin ( 26/02 ).

Ia menyatakan, masyarakat sangat antusias untuk bepergian keluar daerah memanfaatkan transportasi udara, sehingga Pemerintah Daerah dan pihak bandara harus berbenah di berbagai aspek. Berdasarkan data, sejak pesawat Wings Air beroperasi di Bandara Trunojoyo melayani penerbangan komersial rute Surabaya (Bandara Internasional Juanda)-Sumenep (Bandara Trunojoyo) dan sebaliknya pada 27 September 2017, penumpang Sumenep-Surabaya dan sebaliknya diatas 80 persen.

“Tingginya angka penumpang pesawat Wings Air menunjukkan masyarakat Sumenep sangat antusias terhadap penerbangan dari Bandara Trunojoyo Sumenep ini,” imbuh Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga meresmikan pengoperasian taksi online dengan menyiramkan air kembang ke sejumlah mobil yang menjadi taksi online di Bandara Trunojoyo.

Bupati mengakui, pengembangan Bandara Trunojoyo penuh perjuangan luar biasa, karena sebelum pengembangan sejak tahun 2011, lahan bandara hanya 8,3 hektar, dan setelah 5 kali dilakukan pembebasan tanah, mencapai lebih dari 33 hektar. Bahkan, awal panjang landasan pacu pesawat hanya 800 meter, namun saat ini sudah mencapai 1.600 meter, dan lebar 30 meter.

“Sejak tahun 2015 lalu, bandara ini sudah beroperasi melayani penerbangan perintis, kerjasama dengan maskapai Susi Air, kemudian sejak tahun 2016 hingga akhir 2017, bekerja sama dengan Air Fast Indonesia melayani rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya seminggu 2 kali. Saat ini penerbangan dengan maskapai Wings Air Sumenep-Surabaya pulang-pergi setiap hari, dan dalam waktu dekat ada penambahan jadwal penerbangan sehari 2 kali,” pungkasnya.

Saat ini pesawat yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo, yakni pesawat milik PT Wings Abadi Airline (Wings Air) beroperasi melayani penerbangan komersial di rute Surabaya (Bandara Internasional Juanda)-Sumenep (Bandara Trunojoyo) dan sebaliknya, dengan jadwal penerbangan Surabaya-Sumenep pada pukul 12.40 WIB dan Sumenep-Surabaya pada pukul 13.40 WIB. ( Yasik, Esha )