Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-10-2019
  • 497 Kali

Penerapan Membaca Terbimbing, Inovasi Baru Bagi Siswa Kelas Awal

Media Center, Rabu ( 23/10 ) Kegiatan Inovasi literasi untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya di kelas awal, menjadi perhatian serius Tim Inovasi untuk selalu melakukan kegiatan pembelajaran yang diminati siswa, yakni dengan terus menerapkan ide-ide baru agar siswa semakin semangat belajar di kelas.

Salah seorang Fasilitator di Gugus KKG I Talango, Budiyanto, M.Pd, mengaku, kegiatan sosialisasi kepada para guru di KKG I, kali ini dilaksanakan di SDN Talango 3, dengan menerapkan pembelajaran unit 4 yakni “Membaca Terbimbing” yang merupakan inti semua kegiatan KKG dari unit 1-5.

"Kegiatan ini diawali penilaian formatif, untuk menilai kemampuan siswa dari membaca huruf, suku kata, kata, membaca lancar sampai membaca pemahaman. Kemudian dilakukan penilaian lagi atau running record, setelah itu dikelompokkan semua," ungkap Budiyanto di sela sela memberikan materi Literasi Inovasi, Rabu (23/10/2019).

Budiyanto, mencontohkan, jika kelompok huruf dilakukan penilaian guru merancang kegiatan apa yang sesuai dari kelompok itu. Sehingga ada pembelajaran berbeda sesuai tempat dan kebutuhannya.

Menurutnya, dari hasil kegiatan tersebut para guru akan mempraktekkan di sekolahnya masing-masing dengan membagi dua kelompok, yakni kelompok terbimbing dengan kelompok mandiri. Namun perlu diperhatikan pula, guru harus memperhatikan permulaan dan pengakhiran harus sama.

"Jadi, semua kelompok akan melaksanakan tugasnya, termasuk kelompok mandiri tetap diperhatikan jangan sampai mereka diam dan sibuk sendiri," tandasnya. ( Ren, Fer )