Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-10-2019
  • 494 Kali

Peringati HSN, Yayasan Al-Hasan Giligenting Gelar Apel Santri 2019

Media Center, Selasa ( 22/10 ) Memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Yayasan Al-Hasan Giligenting menggelar Upacara Hari Santri di halaman MTs Al-Hasan Kecamatan Giligenting, Selasa (22/10/2019).

Inspektur Upacara, Saheruddin mengatakan, peran ulama dan santri berperan penting dalam narasi sejarah bangsa Indonesia dengan kontribusinya terbukti kokoh dalam menguatkan pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Para santri membentengi Indonesia dari berbagai ancaman selama berabad-abad, mulai serbuan kolonial, agresi militer hingga ancaman terhadap ideologi Pancasila sekarang ini.

“Kita bersyukur karena perjuangan dan kontribusi kaum santri diakui pemerintah melalui penetapan tanggal 22 Oktober, sebagai Hari Santri Nasional sejak tahun 2015 silam. Terbaru, kaum santri juga mendapat kado istimewa dengan disahkannya Undang-Undang Pesantren,” tegas Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan ini.

Ia menyatakan, apa yang telah santri lakukan adalah bukti nyata, betapa kaum santri mendapat pengakuan sebagai pondasi kemajuan negeri ini. Namun, sejatinya pengakuan itu jangan membuat kaum santri terlena dan berpuas diri, karena tantangan lebih berat menanti di masa mendatang.

“Memasuki revolusi industri 4.0, para santri harus menyiapkan diri dengan kompetensi, skill dan keahlian agar bisa berdaya saing. Jika tidak, para santri pasti tertinggal dan akan tetap menjadi penonton semata,” pungkas Saheruddin.

Sementara itu, Upacara Apel Hari Santri Nasional 2019, diikuti oleh seluruh dewan guru dan siswa di Yayasan Al-Hasan yakni MA An-Nur dan MTs Al-Hasan. ( Helmi/Yasik, Fer )