Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-02-2018
  • 394 Kali

Perlu Kematangan Penyelenggara Pemilu Pusat Hingga Di Daerah

Media Center, Senin ( 12/02 ) Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Jawa Timur, harus dilaksanakan persiapan yang matang oleh seluruh penyelenggara Pemilu di masing-masig daerah, seperti KPU dan Paswaslu beserta jajarannya ke bawah.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Indonesia Voter Initiative for Demogracy (IVID) Jawa Timur, Zamrud Khan kepada Media Center, Senin (12/02).

Menurutnya, berbagai persoalan biasanya terjadi pasca ditetapkannya Pasangan Calon (Paslon) menjadi Calon yang agendanya ditetapkan hari ini.

“Sebab, bukan hal mustahil paslon yang tidak lolos pencalonan, akan melakukan gugatan atau sengketa di Bawaslu ataupun  di PTUN,” ungkapnya.

Mantan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumenep beberapa periode ini mengaku, dalam suatu seminar di Jakarta, Minggu (11/02) kemarin, persoalan tersebut dipandang penting untuk dibahas dalam rangka menguak tabir, mencari kebenaran dan fakta.

Bahkan dalam seminar yang juga dihadiri Komisioner Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Hadar Nafis Gumay, Prof. Topo Santoso, Pakar Hukum Pidana Pemilu dan Direktur Eksekutif Perludem, Titik Anggraini ini juga sempat disampaikan oleh Komisioner Bawaslu RI, Rahmat Bagja, bahwa di tingkat Panwaslu Kabupaten/Kota perlu peningkatan kwalitas SDM para penyelenggara Pemilu.

“Jadi, peningkatan SDM para penyelenggara Pemilu sangat penting, terutama dalam memahami bentuk Sengketa Sidang,” tambahnya. ( Ren, Esha )