Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-02-2020
  • 503 Kali

Perpusda Bersama Rumah Cerita OKARA Wujudkan Gelora Literasi

Media Center, Minggu ( 23/02 ) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep untuk mewujudkan kerjasama dengan berbagai komponen dalam upaya meningkatkan minat baca terus dilakukan. Salah satunya melakukan kegiatan Dongeng Keliling Desa bersama relawan Rumah Cerita OKARA.

Kegiatan ini merupakan program bersama dengan Komunitas OKARA, yang bertujuan agar dapat menyuburkan kembali minat baca anak hingga ke desa-desa, khususnya di Kabupaten Sumenep.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, (23/02/2020) Perpusda melalui Perpustakaan Keliling bersama Komunitas OKARA bertandang ke Kecamatan Batang-batang tepatnya di RA Miftahul Ulum Batang-batang Daya.

Dalam kesempatan itu, hadir Budayawan Nasional asal Sumenep, D. Zawawi Imron, yang sekaligus merupakan Ketua Yayasan Miftahul Ulum.

Menurutnya, budaya mendongeng harus terus dilestarikan, sebab sangat berguna untuk generasi bangsa.

"Budaya mendongeng bagus untuk ditekuni, jangan setengah-setengah," imbaunya saat mengobrol di Kantor RA Miftahul Ulum sebelum acara dimulai.

Kegiatan yang dimulai dengan tebak-tebakan ini dimaksudkan untuk membuat anak senang dan ceria. Kemudian anak-anak didampingi untuk membaca buku. Ratusan judul buku bergambar telah disiapkan di dalam mobil perpustakaan keliling agar minat baca anak meningkat.

Sedangkan relawan OKARA yang dikomandani Kak Avan langsung membaur dengan anak-anak untuk membacakan buku cerita secara berkelompok.

Setelah itu baru dilanjutkan dengan senam anak, game edukatif, mendongeng dan bagi-bagi doorprize bagi anak yang berhasil menjawab pertanyaan dari Kak Avan dan kawan-kawan.

Kak Avan mengaku bangga atas antusias yang ditunjukkan anak-anak tersebut. Dan itu menjadi bukti bahwa dunia dongeng adalah dunia yang menyenangkan. Dari dongeng, anak-anak akan belajar banyak hal.

"Anak-anak akan belajar banyak, terutama tentang nilai-nilai karakter," ujar Kak Avan setelah kegiatan dongeng ceria selesai dilakoni.

Sementara salah satu guru RA Miftahul Ulum, Vera, menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap program dongeng keliling tersebut. Pihaknya sangat senang, komunitas Rumah Cerita OKARA dan perpustakaan keliling bersedia datang ke lembaganya.

"Kami sangat senang dengan kehadiran Tim OKARA dan Perpus keliling ini. Bahkan, anak-anak kami, termasuk guru-gurunya dari kemarin sudah tidak sabar menunggu," ujarnya sambil tersenyum.

Bahkan, Vera berharap suatu saat nanti, lembaganya kembali didatangi. Karena anak-anak sangat senang. Apalagi saat mendengarkan dongeng dari Kak Avan dan Kia. Bukan hanya anak-anak yang senang. Para wali murid yang mengantarkan anaknya juga ikut menikmati suasana ceria dari dongeng keliling ini.

Selanjutnya, relawan OKARA dan Perpus keliling melanjutkan kegiatannya di Pantai Lombang bersama murid-murid SDN Lombang dan beberapa TK di Kecamatan Batang-batang. Dalam kegiatan yang digelar di pantai penuh Cemara udang dan hamparan pasirnya ini lebih semarak lagi.

"Kami sudah menunggu kedatangan Kak Avan dan rombongan untuk mengikuti program Dongeng Keliling yang selalu menarik ini," ujar salah seorang pengunjung Pantai Lombang yang juga wali murid SDN Batang-batang ini. ( Ren, Fer )