Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-10-2017
  • 523 Kali

Pesawat Komersial Sumenep-Surabaya, Diminati Warga

Media Center, Rabu ( 11/10 ) Pesawat komersial yang beroperasi di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, diminati warga. Terbukti, sejak dikomersialkannya Bandara Trunojoyo itu pada 27 September 2017 kemarin, jumlah penumpang pesawat komersial dari kapasitas 72 penumpang untuk penerbangan Sumenep-Surabaya terisi 50-an penumpang atau sekitar 70 hingga 80 persen.

"Penumpang pesawat komersial sekarang sudah mampu mecapai antara 70 hingga 80 persen setiap harinya, dari kapasitas pesawat sebanyak 72 penumpang,”kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Rabu (11/10).

Ia menilai, hasil evaluasi yang dulakukannya, para penumpang itu tidak hanya dari Sumenep, melainkan juga ada yang dari Panekasan.

"Melonjaknya jumlah penumpang itu merupakan angin segar bagi perkembangan transportasi udara ke depan, sehingga pengelola harus terus membenahi fasilitas yang ada, agar pengelolaan transportasi udara terus menjadi alternatif masyarakat,"paparnya.

Harga tiket di rute Sumenep-Surabaya yang dilayani oleh Wings Air sebesar Rp 179.000,00. Wings Air terbang dari Bandara Trunojoyo ke Bandara Juanda Surabaya setiap hari. Diduga lonjakan penumpang itu dikarenakan penerbangan pesawat dari Bandara Trunojoyo Sumenep tidak hanya ke Surabaya, namun bisa terkoneksi langsung ke Bali, Lombok, Jakarta, Banjarmasin, dan Malaysia.

"Kami menduga faktor inilah yang memicu terjadinya kenaikan penumpang," ungkapnya.

Bandara Trunojoyo saat ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter, serta sejumlah fasilitas pendukung juga telah lengkap. ( Nita, Esha )