Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-04-2021
  • 236 Kali

Petani Desa Mandala Sejahtera Dengan Potensi Tanaman Bawang Merah

Media Center, Selasa ( 06/04 ) Desa Mandala Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep memiliki potensi sebagai wilayah agropolitan. Bahkan, masuk salah satu desa yang memiliki potensi besar di bidang agropolitan khususnya tanaman bawang merah.

Kepala Desa Mandala, Modellir mengungkapkan, wilayahnya memiliki potensi agropolitan yang sangat bagus memang sudah sejak nenek moyang dahulu. Bahkan, untuk tanaman bawang terbagus kualitasnya dari Desa Mandala.

“Tanaman bawang disini memang sangat bagus hasilnya dari wilayah lainnya, karena memang unsur tanahnya yang bergerak juga harus paham betul cara menanamnya,” ungkap Modellir, Selasa (06/05/2021).

Menurutnya, unsur tanah yang bergerak di desanya merupakan potensi yang menguntungkan bagi para petani, di samping juga harus tahu metode menanam yang benar dan itu sudah secara turun-temurun dikuasai masyarakat petani di desanya.

Selain itu tegas Modellir, faktor pemupukan harus betul-betul terukur dan waktu menanamnya itu biasanya pada musim kemarau. Tentunya dengan penanaman yang benar, maksimal sekitar dua bulan petani sudah panen bawang merah yang kualitasnya bagus.

“Sudah terbukti hasil produksi tanaman bawang merah disini selain unggul dan melimpah harganya juga bagus, sehingga petani semakin sejahtera, bayangkan hanya dengan menanam dua bulan pada musim ini saja sudah menghasilkan enam puluh jutaan lebih,” tambahnya.

Sementara itu, untuk komoditas tanaman lainnya yang memiliki potensi bagus di desanya yakni lombok kecil dan besar serta tembakau ketika musim kemarau. Dan untuk saat ini masyarakat petani mayoritas sudah menanam lombok meskipun juga ada beberapa tanaman lainnya seperti mentimun dan lainnya.

Sebelumnya Camat Rubaru, Arif Susanto, AP, M.Si menyatakan, potensi agropolitan bawang merah di Kecamatan Rubaru disebutnya ada tiga desa, yakni Desa Mandala, Basoka dan Karang Nangka. Dan ini menjadi sebutan segitiga emas yang sangat layak dikembangkan, agar hasil produksi selain memiliki hasil panen lebih bagus juga memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tentunya dengan mengembangkan potensi yang ada seperti tanaman bawang merah ini,” ungkap Arif Susanto beberapa waktu lalu. ( Ren, Fer )