Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-11-2017
  • 489 Kali

Pokmaswas “Reng Paseser” Tanam 1.500 Mangrove

Media Center, Senin ( 06/11 ) Ratusan anggota Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) “Reng Paseser” Kecamatan Saronggi melaksanakan penanaman 1.500 bibit pohon mangrove.

Ratusan anggota Pokmaswas tersebut bersama masyarakat sekitar melaksanakan penanaman 1.500 bibit pohon mangrove, untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga ekosistem pantai dari bencana abrasi.

Ketua Pokmaswas “Reng Paseser”, Maskur Riyanto mengungkapkan, kondisi pantai di Kecamatan Saronggi saat ini memang memprihatinkan, sehingga melalui penanaman mangrove diharapkan dapat menahan gelombang laut di pesisir pantai.

Bibit mangrove diterima Pokmaswas “Reng Paseser” dari Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si yang merupakan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

Menurut Maskur, tanaman mangrove bisa menumbuhkan ekosistem baru yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, bahkan dalam jangka panjang dapat menyelamatkan kehidupan anak cucu di masa mendatang.

Selain itu, kegiatan penanaman mangrove di Kecamatan Saronggi juga bertujuan memberikan edukasi bagi masyarakat sekitar pesisir pantai untuk ikut menjaga keindahan lingkungan serta tidak membuang sampah di laut karena dapat mengancam ekosistem laut.

“Pohon mangrove ini sangat penting untuk membantu mempertahankan ekosistem laut serta mencegah abrasi, sehingga kami ajak masyarakat ikut peduli dengan lingkungan pesisir,”ujar Maskur kepada Wartawan, Senin (06/11).

Maskur menambahkan, penanaman 1.500 bibit pohon mangrove dilaksanakan di Pantai Kundang Wetan Desa Tanjung Kecamatan Saronggi dengan melibatkan seratus relawan dan masyarakat sekitar. ( Reno, Esha )