Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-06-2018
  • 442 Kali

Pokmaswas Siap Dukung Pemerintah Lakukan Pengawasan

Media Center, Senin ( 25/06 ) Aktifitas peduli lingkungan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kelautan di Kabupaten Sumenep sepakat untuk membantu masyarakat dan pemerintah, khususnya dalam melakukan pengawasan terhadap persoalan lingkungan di wilayah kelautan di Sumenep.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Pokmaswas Kabupaten Sumenep, Sarkawi kepada sejumlah wartawan, Senin (25/06).

Menurutnya, sebagai lembaga yang memang berangkat dari harapan masyarakat, khususnya dalam menjaga lingkungan seputar kelautan di berbagai wilayah di Kabupaten Sumenep, tentunya akan terus memperjuangkan harapan masyarakat.

“Dari hasil temuan yang kami dapati di sejumlah wilayah di Sumenep, tentunya kami lanjutkan untuk dilaporkan ke berbagai pihak berwenang untuk ditindaklanjuti,” ungkap Sarkawi, yang juga Ketua Pokmaswas Lestari Kecamatan Kalianget ini.

Bahkan, diakui Sarkawi, jika memang upaya yang ditempuh tidak segera ada tindak lanjut dari pihak terkait, pihaknya bersama pengurus Pokmaswas yang ada, tidak segan-segan untuk melakukan aksi, agar persoalan yang terjadi segera ditangani pihak yang berwenang.

Sarkawi berharap, semua pihak juga menghargai upaya pemerintah yang telah membentuk Pokmaswas sesuai Undang-Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan, yakni masyarakat dapat diikutsertakan dalam pengawasan perikanan (pasal 67), serta Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.58/MEN/2001 tentang Tata Cara Pelaksanaan Sistem Pengawasan Masyarakat (Siswasmas) dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP).

“Pengawasan yang kami lakukan sebagai upaya dan langkah untuk mencegah tindakan illegal dan perusakan, sehingga sumber daya kelautan dapat lestari, dan potensi sumber daya perikanan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk saat ini dan masa yang akan datang,” tambahnya. ( Ren, Esha )