Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-07-2018
  • 365 Kali

PT. Garam Panen Perdana Garam Di Pegaraman III Desa Sendir

Media Center, Kamis ( 26/07 ) PT. Garam (Persero) melakukan panen perdana garam di lahan Pegaraman III Desa Sendir, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, pada Kamis (26/07).

Direktur Utama PT. Garam (Persero), Budi Sasongko mengatakan, panen perdana garam di lahan Pegaraman III itu, setelah dilakukan pengolahan tambak garam di lokasi setempat, yang sebelumnya tidak berfungsi secara maksimal menghasilkan garam.

PT. Garam mengoptimalkan kembali lahan pegaraman III di Desa Sendir itu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumenep dengan mengembangkan potensi lahan pegaraman.

“Kami bertekad mengoptimalkan lahan pegaraman di Kabupaten Sumenep, termasuk di lahan Pegaraman III Desa Sendir, sehingga petani garam Sumenep bisa menggarap lahan di daerahnya sendiri,” kata Sasongko di sela-sela Panen Perdana Garam di Desa Sendir.

Ia menyatakan, pengoptimalan lahan pegaraman di Kabupaten Sumenep itu ujung-ujungnya untuk meningkatkan produksi garam, guna mendukung swasembada garam di Indonesia.

“Lahan Pegaraman III di Desa Sendir, Kecamatan Lenteng itu luasnya 480 hektar, dengan target produksi tahun ini sebanyak 10.000 ton garam. Namun, kami berusaha produksi garam di lahan ini meningkat di tahun selanjutnya,” tegasnya.

Budi Sasongko mengungkapkan, optimalisasi lahan pegaraman yang dilakukan di Kabupaten Sumenep mencapai 2.000 hektar, termasuk lahan Pegaraman I, sehingga diharapkan produksi garam di Sumenep mencapai target.

“Kami berharap produksi garam di Kabupaten Sumenep tahun ini sebanyak 280.000 ton dari target sebesar 350.000 ton garam. Semoga saja cuaca mendukung, supaya target produksi garam di Sumenep tercapai,” pungkasnya.

Panen perdana garam di lahan Pegaraman III Desa Sendir, Kecamatan Lenteng itu dilakukan oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Direktur Utama PT. Garam (Persero), Budi Sasongko dan Kajari Sumenep. ( Yasik, Esha )