Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-03-2017
  • 392 Kali

Puluhan Ribu Nelayan Di Sumenep Belum Kantongi Kartu Nelayan

Media Center, Jumat ( 24/03 ) Sebanyak 29 ribu nelayan yang berada di wilayah Sumenep, Jawa Timur belum mengantongi Kartu Nelayan. Nelayan yang terdata di Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, dari 43 ribu orang, hanya 14 ribu yang memiliki Kartu Nelayan.

Pasalnya, warga yang mayoritas dari pesisir itu malu untuk mencantumkan nelayan sebagai pekerjaan di Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir. Arief Rusdi, M.Si menyatakan, bahwa sebenarnya di Sumenep banyak warga yang berprofesi sebagai nelayan. Namun, karena masih malu untuk menunjukkan bahwa dirinya nelayan, mereka tidak membubuhkan keterangan pekerjaan itu di dokumen kependudukan yang dimiliki.

“Padahal, dengan mencantumkan pekerjaan sebagai nelayan di kartu penduduk itu sangat bermanfaat,”kata Arief Rusdi, pada Media Center, Jumat (24/03).

Dengan mencantumkan pekerjaan sebagai nelayan di e-KTP, mereka bisa membuat kartu nelayan. Maka itu, dengan memiliki kartu nelayan bisa menjadi peserta asuransi yang justru menguntungkan bagi dirinya.

Arief Rusdi mengharapkan, para nelayan tidak malu mencantumkan identitas dirinya sebagai nelayan. Dan para nelayan yang pada e-KTP-nya sudah mencantumkan profesinya sebagai nelayan, agar segera mengurus Kartu Nelayan, karena manfaatnya banyak. Salah satunya untuk mendapatkan asuransi nelayan tersebut. ( Esha, Fer )