fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Puskesmas Bluto Terapkan Inovasi Pelayanan Elektronik

  • 2019-09-12
  • infokom
  • 325 Kali

Media Center, Kamis ( 12/09 ) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Bluto terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Kepala Puskesmas Kecamatan Bluto, Siti Khairiyah mengatakan, pihaknya memang membuat beragam program inovasi untuk mengefektifkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui elektronik. Salah satunya adalah sistem pendaftaran secara online dengan menggunakan telepon genggam, sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan untuk berobat, bisa mendaftar dari rumahnya.

“Kami memberi nama inovasi itu ESMANIS SAEBU kepanjangan dari SMS atau WA mendaftar singkat di Puskesmas. Jadi, masyarakat bisa mendaftarkan dirinya melalui SMS atau WA sehari sebelumnya ke Puskesmas, dengan format yang telah ditetapkan Puskemas,” tegasnya kepada Media Center, Kamis (12/09/2019).

Ia menyatakan, pendaftaran melalui ESMANIS SAEBU itu hanya berlaku untuk layanan klinik bagi pasien yang penyakitnya tidak gawat darurat, termasuk juga panggilan antrian menggunakan elektronik yang terhubung dengan speaker, guna memudahkan pemanggilan pasien.

“Masyarakat sebelumnya mengeluhkan ruang tunggu, karena petugas pendaftaran harus berteriak untuk memanggil antrian, sehingga kami memilih menggunakan sistem antrian elektronik yang terhubung langsung dengan speaker untuk pemanggilan antrian secara otomatis,” tutur Siti Khairiyah.

Untuk menjalankan fungsi sesuai harapan masyarakat, menurut Siti Khairiyah, pihaknya juga menggunakan kartu berobat elektronik dalam pelayanan pasien, karena penggunaan kartu berobat secara manual dari kertas, menghambat pelayanan akibat pasien sering kehilangan kartu berobatnya.

“Pasien jika mendaftar di loket, sering menimbulkan antrian panjang, karena tidak bisa menunjukkan kartu berobatnya dengan alasan tertinggal atau kartunya hilang, sehingga petugas harus mengecek kembali di buku induk. Berangkat dari kasus itu, kami memutuskan untuk menggunakan kartu berobat elektronik untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Siti Khairiyah mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) terutama pembinaan peran serta masyarakat, agar masyarakat di Kecamatan Bluto menjadi lebih mandiri dan berkemampuan hidup sehat.

“Selain itu, kami juga melakukan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dengan memberikan pelayanan kesehatan dasar terhadap warga yang menderita berbagai penyakit, baik di Kecamatan Bluto maupun sekitarnya,” pungkasnya. ( Yasik, Esha )

image

Puskesmas Bluto Kembangkan Layanan Kesehatan Alternatif

Kategori : Kesehatan

Media Center, Rabu ( 18/09 ) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Bluto terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kesehatan untuk

image

Uji Kompetensi Perawat, Tingkatkan SDM Dan Pelayanan

Kategori : Kesehatan

Media Center, Jumat ( 13/09 ) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, menggelar Uji Kompetensi Jabatan Fungsional bagi para tenaga medis,

image

Berkat Inovasi Dan Prestasi, Puskesmas Bluto Jadi Percontohan

Kategori : Kesehatan

Media Center, Kamis ( 12/09 ) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Bluto membuat catatan impresif dengan berbagai inovasi dan prestasi yang