Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-05-2018
  • 393 Kali

Ratusan Nelayan Sumenep Datangi Gedung Dewan

Media Center, Senin ( 07/05 ) Ratusan nelayan Kecamatan Talango, Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendatangi kantor DPRD setempat, Senin (07/05).

Mereka protes dengan penggunaan alat tangkap jenis sarka yang meresahkan nelayan Kecamatan Talango. Aksi mereka mengecam penggunaan alat tangkap sarka (jaring menggunakan cakar besi).

“Penggunaan jaring sarka sangat meresahkan, apalagi datang dari luar Kecamatan Talango," kata Hosni warga asal Talango ini, Senin (07/05).

Menurutnya, keberadaan alat tangkap sarka ini dipastikan merusak ekosistem laut. Sehingga, diperlukan ketegasan dari pihak petugas keamanan. “Karena merusak, maka sudah seharusnya ditindak tegas, ” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengklaim dengan adanya serbuan nelayan luar, maka sudah dipastikan hasil tangkapan akan menurun. “Ya, jelas akan mengalami penurunan hasil tangkapan ikan nelayan setempat, ” tuturnya.

Sementara Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Akis Jazuli memastikan akan mengawali aspirasi masyarakat Talango ini. Bahkan, pihaknya akan pasang badan untuk mengawal terkait keluhan warga yang meresahkan alat tangkap sarka. “Kami akan mengawal dan pasang badan terkait keluhan warga, ” katanya.

Politisi asal Talango ini menuturkan, pihaknya juga meminta pihak kepolisian untuk bertindak tegas, apabila penggunaan alat tersebut dinilai melanggar. “Apabila memang melanggar aturan, maka silahkan petugas yang bergerak dan menertibkan biar nelayan setempat tidak merugi,” ucapnya. ( Nita, Esha )