Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-07-2018
  • 454 Kali

Ratusan Pecatur Jawa Timur Meriahkan Kejurprov Di Sumenep

Media Center, Kamis ( 05/07 ) Sebanyak 714 pecatur se-Jawa Timur mengikuti Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi Jawa Timur ke-51 Tahun 2018 di Kabupaten Sumenep.

Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi Jawa Timur itu berlangsung sejak tanggal 5 hingga 8 Juli 2018 di Graha Adipoday Sumenep, dan pembukaannya dilakukan oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dengan pemukulan gong, Kamis (05/07).

Wakil Bupati mengatakan, pihaknya mengapresiasi dilaksanakannya Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini, dengan harapan melalui Kejurprov Catur ini bisa memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan catur di Jawa Timur. Sebab selain untuk mencari seorang juara, pecatur se-Jawa Timur bisa memperoleh kesempatan menimba pengalaman bertanding untuk meningkatkan prestasi atlet.

“Kami ingin, dengan kejuaraan ini, melahirkan grand master-grand master baru, guna meneruskan generasi pecatur di Jawa Timur untuk mengharumkan Indonesia di tingkat internasional. Karena itu, saya yakin bisa tercapai jika para pecatur terus mengasah kemampuan dan mengikuti kompetisi secara rutin,” tegas pengusaha muda sukses ini.

Ia menyatakan, catur telah menjadi olahraga sangat populer, bahkan ada beberapa kelebihan bermain catur, sebab dengan bermain catur, energi pikiran terus bekerja, sehingga proses aktivasi otak, dan daya pikir selalu terlatih, yang dampaknya sangat positif untuk meningkatkan sensitifitas kecerdasan.

“Apalagi, bermain catur ini sangat murah meriah, dan bisa dimana saja, tidak memerlukan tempat yang besar. Bahkan saat ini, masyarakat bisa menikmati secara online bermain catur,” imbuhnya.

Seusai membuka Kejuaraan Catur, Wakil Bupati Achmad Fauzi melakukan pertandingan dengan Ketua Harian Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Timur, Marhaen Djumadi, bahkan Wakil Bupati juga bertanding dengan salah seorang peserta yang menjuarai catur tingkat Asia.

Sementara itu, Ketua Harian Percasi Jawa Timur, Marhaen Djumadi mengungkapkan, sebanyak 714 pecatur yang berlaga di Kejuraan Catur Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini, merupakan juara di masing-masing daerahnya, baik di tingkat Kabupaten atau Kota. Pihaknya menggelar Kejuaraan Catur tingkat Provinsi ini, dalam rangka mencari juara sebagai perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti Kejuaraan Catur tingkat Nasional.

“Kami harapkan Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini, benar-benar melahirkan juara yang mampu mendulang prestasi di tingkat nasional. Untuk itu, saya tekankan dalam pertandingan harus menjunjung tinggi sportifitas supaya menghasilkan grand master sejati,” pungkasnya.

Pelaksanaan Kejuraan Catur Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018 di Kabupaten Sumenep juga sebagai rangkaian kegiatan promosi wisata Sumenep dalam rangka Tahun Kunjungan Wisata (Visit Sumenep) 2018. ( Yasik, Esha )