Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-09-2017
  • 449 Kali

Rencana Pembangunan Puskesmas Induk Sapeken Disambut Baik

Media Center, Kamis ( 28/09 ) Rencana pembangunan Puskesmas induk pada 2018 mendatang di Kecamatan Sapeken, disambut baik masyarakat setempat. Sebab, selama ini warga kesulitan membawa pasien, karena jarak antar pulau yang jauh.

Kepala Desa Sabuntan, Kecamatan Sapeken, Ahmad Rasyid kepada wartawan, Kamis (28/09) mengungkapkan, sarana Puskesmas yang ada saat ini masih kurang memadai, sehingga dibutuhkan tambahan peralatan serta penambahan dokter dan perawat yang lebih baik.

“Selain itu, Pemerintah Kabupaten juga harus memperhatikan pembangunan Puskesmas dengan memilih kontraktor yang bertanggung jawab,”ungkapnya.

Sebab, menurut Rasyid, pembangunan Puskesmas yang ada sering kali hancur setelah beberapa tahun. Karena itu, jika nantina memang akan direalisasikan pembangunannya harus sesuai standart yang ada, sehingga warga benar-benar bisa merasakan pelayanan kesehatan dari pemerintah.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Sapeken, Suharto Caku mengaku, saat ini instansinya masih kekurangan tenaga medis, analis laboratorium, dan tenaga gizi, sehingga jika Puskesmas induk benar-benar direalisasikan perlu ada penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) serta alat rongent untuk mendeteksi dini penyakit pasien.

Diakui, Puskesmas induk ini diharapkan semakin memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga bisa memenuhi kebutuhan warga. Dan dengan adanya Puskesmas induk, diharapkan bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebab, minimnya fasilitas dan transportasi, menyebabkan 90 persen warga masih merujuk pasien ke Bali dari pada ke RSU di Sumenep,”tandasnya. ( Ren, Esha )