Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-11-2019
  • 476 Kali

Ribuan Warga Nikmati Tampilan Seni Budaya Di Sumenep Spektakuler

Media Center, Kamis ( 28/11 ) Ribuan warga Sumenep menikmati beragam seni dan budaya tradisional khas Kota Keris pada Sumenep Spektakuler yang dipusatkan di sepanjang Jalan Dr. Soetomo, Rabu (27/11/2019) malam.

Kegiatan bertajuk Sumenep Rumah Seni Budaya-Rumah Kita menampilkan seni budaya di antaranya musik saronen, tari topeng, tari moang sangkal, tari gambu, ludruk, hadrah, samman, sandur, seni batik, karawitan, galundhang, macopat, musik tong-tong dan topeng dalang.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, Sumenep kaya seni budaya khas masyarakat sebagai warisan leluhur, bahkan seni budaya itu bukan sekedar hiburan, namun kekayaan seni budaya masyarakat sebagai modal kepariwisataan.

“Kekayaan seni budaya tentu saja mampu dijadikan wisata berbasis budaya untuk bisa menarik kunjungan wisatawan baik domestik hingga mancanegara ke Kota Keris Kabupaten Sumenep ini,” tegas Bupati.

Yang jelas, menurut Bupati dua periode ini, pemerintah daerah sangat mengapresiasi penampilan seni budaya yang melibatkan seniman terutama generasi muda mencintai seni budaya leluhur Sumenep, sehingga mampu menjaga dan melestarikannya.

“Saya bangga dengan penampilan seniman Sumenep apalagi seniman muda yang mencintai seni budaya leluhur agar tetap lestari di era apapun. Jadi regenerasi seniman di Sumenep perlu terus dilakukan demi menjaga warisan leluhur daerah,” tuturnya.

Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si bersama rombongan pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan tenaga medis, menyaksikan langsung penampilan seni budaya itu. Sumenep Spektakuler bersamaan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Provinsi Jawa Timur yang dipusatkan di Kabupaten Sumenep.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. Carto, MM mengungkapkan, Sumenep Spektakuler tidak hanya sebatas menghibur para pengunjung dan wisatawan, melainkan bisa memberikan pengetahuan dasar mengenai ragam seni budaya di Sumenep.

“Masyarakat juga bisa belajar langsung seni budaya yang ditampilkan di kegiatan ini, harapannya kegiatannya mampu memberikan kesan yang melekat tentang Sumenep kepada pengunjung maupun wisatawan,” imbuhnya.

Carto menambahkan, dengan Sumenep Spektakuler ingin meningkatkan gairah masyarakat untuk menjaga warisan kekayaan budaya leluhur Sumenep, sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Manakala kunjungan wisatawan meningkat setiap tahun, jelas beradampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )