Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-05-2018
  • 407 Kali

Rp. 1,5 M Untuk Pembenihan Dan Pembibitan Tembakau

Media Center, Jumat ( 11/05 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep tetap memprogramkan bantuan benih dan pembibitan tanaman tembakau di tahun 2018 ini. Program bantuan pertanian ini diprioritaskan untuk 17 titik penangkar untuk lahan tegal dan gunung.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Hariyanto, M.Si, kepada sejumlah wartawan di Sumenep, Jumat (11/05) mengungkapkan, bantuan benih dan pembibitan tembakau di Sumenep memang tetap dilaksanakan tahun ini, dan sama dengan tahun sebelumnya.

“Kami persiapkan untuk 17 titik bagi kelompok petani penangkar di Sumenep, dengan anggaran total sebesar Rp. 1,5 miliar,” ungkapnya.

Dikatakan Bambang, jika program pembibitan tanaman tembakau tetap dilakukan, karena tembakau dari Sumenep memang masih sangat diminati oleh pabrikan. Hanya saja, untuk hasil tanam tembakau di wilayah tegal dan gunung.

Sementara untuk lahan sawah diakui Bambang, sebaiknya petani tidak menanam tembakau, karena masih banyak tanaman alternatif lainnya yang bisa dikembangkan, seperti kedelai, bawang merah dan sebagainya.

“Sebab, kualitas tembakau sawah memang sangat berbeda dengan tembakau tegal dan gunung, dan ketika hanya dijadikan campuran, tetap akan merusak kualitas tembakau Sumenep,” tandasnya. ( Ren, Esha )