Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-10-2017
  • 319 Kali

Santri Mambaul Ulum Ganding Sabet 4 Juara Musabaqoh KK

Media Center, Rabu ( 18/10 ) Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Reng Perreng, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep patut berbangga hati. Pasalnya, 4 santri asal pesantren tersebut mampu menyabet 4 juara sekaligus pada Musabaqoh Kitab Kuning (KK), dalam rangka menyambut Hari Santri yang diadakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumenep. Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2017 tersebut berlangsung seru. Sebab, peserta yang bersaing dalam ajang tersebut merupakan peserta pilihan dari berbagai pesantren yang ada di Sumenep.

Jumlah juara yang diraih para santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kecamatan Ganding dalam berbagai macam kategori kitab kuning, meliputi kitab Ihyak Ulumuddin dan kitab Fathul Qorib. Walaupun terbilang masih muda, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kecamatan Ganding mampu bersaing di ajang bergengsi tersebut. Dalam kategori kitab Fathul Qorib, Fiqih Maulidi meraih Juara II, Wardatul Hasanah meraih juara III. Sedangkan kategori kitab Ihyak Ulumuddin, Mawardi meraih Juara II, sedangkan Fawaid meraih Juara III.

"Kami merasa bangga atas prestasi yang diraih para santri. Tetapi di sisi lain, ini tantangan bagi kami bagaimana meningkatkan prestasi mereka pada masa yang akan datang,"kata Abd. Wafi, selaku Ketua Pengurus Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kecamatan Ganding, Selasa (17/10) kepada Media Center. Abd. Wafi beralasan, mempertahankan prestasi itu lebih sulit daripada meraihnya.

Selaku Juara III, Wardatul Hasanah mengaku masih belum percaya mampu meraih prestasi tersebut. Sebab, para peserta yang ikut lomba merupakan peserta yang memiliki kemampuan luar biasa dalam hal kitab. “Sebenarnya saya merasa deg-degan ketika tampil di depan. Padahal, saya sudah mempersiapkan diri jauh sebelum pelaksanaan lomba. Tetapi tidak apa-apa walaupun meraih Juara III,”ungkap santri yang sudah hampir 3 tahun mondok ini. ( M. Farhan M, Esha )