Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-06-2018
  • 403 Kali

Satlantas Polres Dan Dishub Sumenep Cek Angkutan Lebaran 2018

Media Center, Jumat ( 08/06 ) Menjelang mudik Lebaran 2018, jajaran Satlantas Polres bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan kelayakan armada bus untuk angkutan luar Kota di Terminal Arya Wiraraja setempat, Jumat (08/06).

Dalam pemeriksaan itu, diketahui ada bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) tak laik jalan sehingga untuk sementara waktu ditahan di Terminal Arya Wiraraja Sumenep.

Kasat Lantas Polres Sumenep, AKP Eka Anggriana mengatakan, tujuan pemeriksaan tersebut untuk keselamatan para penumpang selama mudik.

"Dalam kegiatan ini kita bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, dan BNNK Sumenep. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kesiapan kelayakan bus maupun sopir sehat dalam mengendarai kendaraan, agar aman dan selamat," katanya, Jumat (08/06).

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan beberapa masalah dalam penggunaan bus. Misalnya, dengan tidak dilengkapinya lampu lighting (sein) hingga tidak adanya alat gawat darurat di dalam bus.

“Tadi kita temukan beberapa hal yang bisa mengancam berkendara, dan sementara kami tahan hingga melengkapinya," tuturnya.

Selain itu, dikatakan Eka bahwa untuk pos pelayanan mudik, Satlantas Sumenep juga sudah menyediakan lima pos pantau yang berada di jalur utama perlintasan mudik dan di wilayah rawan kecelakaan.

"Kelima pos ini ditempatkan di Taman Adipura Sumenep, di Pantai Lombang, di Pantai Slopeng, di Pelabuhan Kalianget, di Kecamatan Saronggi, dan di perbatasan Kecamatan Lenteng dengan Batuan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Sustono mengatakan, setiap harinya ada 100 armada yang berangkat dari Sumenep Antar Kota Dalam Provinsi. "Untuk yang antar Provinsi sekitar 15 armada," tukasnya. ( Nita, Fer )