Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-09-2018
  • 452 Kali

Sebanyak 55 Penderita HIV Di Sumenep Masih Hidup

Media Center, Senin ( 17/09 ) Sebanyak 55 penderita HIV (Human Immunodeficieny Virus) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Masih hidup.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, sejak Januari hingga Agustus 2018, jumlah penderita HIV sebanyak 69 orang. Mereka tersebar di sejumlah Kecamatan yang secara administrasi berada di Kabupaten Sumenep.

“Dari 69 penderita HIV, 14 orang diantaranya sudah dinyatakan meninggal dunia. Saat ini penderita HIV masih terdapat 55 orang,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sumenep, Kusmawati, Senin (17/09).

Ia menuturkan, virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh jadi lemah dalam melawan infeksi.

"HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang harus dijauhi. Penyakit mematikan tersebut menular akibat kontak tubuh, baik kontak seksual maupun bukan," paparnya.

Kusmawati menambahkan, penularan itu juga bisa terjadi ketika bersalaman dengan penderita apabila kondisinya luka.

"Tapi yang perlu lebih diwaspadai agar tidak melakukan gonta-ganti pasangan dan juga jarum suntik. Karena lewat itulah yang paling mudah penularannya," ujarnya. ( Nita, Fer )