Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 01-11-2017
  • 382 Kali

Selama 14 Hari Polres Sumenep Laksanakan Operasi Zebra

Media Center, Rabu ( 01/11 ) Selama 14 hari sejak tanggal 1 hingga 14 Nopember 2017, Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan Operasi Zebra. Pelaksanaan Operasi Zebra tersebut, diawali dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi "Zebra Semeru 2017" di Halaman Polres Sumenep, Rabu (01/11).

Kemudian dilanjutkan bagi-bagi brosur tentang tertib berlalu lintas. Brosur tersebut diberikan kepada para pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, yang melintas di Jalan Urip Sumoharjo, depan Mapolres Sumenep.

Nampak Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.I.K, M.Si, dan Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, turut membagi-bagikan brosur tertib berlalu lintas di depan Mapolres setempat.

"Selama 14 hari, terhitung mulai hari ini sampai tanggal 14 Nopember 2017, kita melaksanakan Operasi Zebra sesuai instruksi bapak Kapolri,"kata Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.I.K, M.Si, Rabu (01/11).

Dalam operasi ini ada beberapa hal pelanggaran yang ditekankan. Utamanya pelanggaran lantas berpotensi kecelakaan.

"Ini paling utama, seperti lawan arus, menerobos lampu merah, berbonceng lebih, bermuatan lebih, kemudian tidak pake safety belt dan helm,"paparnya.

Sedangkan untuk sasaran lokasi penindakan dalam Operasi Zebra, akan menekankan ke tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kecelakaan.

"Jadi, selama Operasi Zebra ini seluruh jajaran Polres Sumenep termasuk Polsek-Polsek baik daratan maupun kepulauan, akan melaksanakan kegiatan tersebut,"ungkapnya.

Pada Operasi Zebra ini, Polres Sumenep menerjunkan sedikitnya 42 personel gabungan, terdiri atas Satlantas Polres Sumenep, Dinas Perhubungan, TNI, dan Satpol PP setempat.

Kapolres juga mengatakan, bahwa Operasi Zebra kali ini selain sebagai wujud meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas), juga bertujuan untuk menyongsong Natal dan tahun baru.

"Oleh karena itu, kami mengimbau agar pengendara bisa lebih tertib dan patuh terhadap peraturan lalu lintas, tidak hanya pada saat ada operasi saja. Kalau kedapatan melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas, tentu akan dilakukan penilangan,ā€¯pungkas Kapolres Sumenep. ( Nita, Fer )